BukuNews

3 Cara Mencari Penerbit Yang Berkualitas

Saat ini banyak sekali bertebaran penerbit-penerbit baru. Mereka banyak merekrut penulis-penulis, baik yang baru maupun yang sudah memiliki nama di dunia penulisan. Sekarang bagaimana dengan kita yang baru dalam penulisan? Bisakah kita menilai baik buruknya penerbitan? Berikut akan kami berikan tips untuk mencari penerbit yang berkualitas dan tepat utuk kita.

  • Kesesuaian buku dengan visi dan misi penerbit

Kebanyakan dari penerbit memiliki spesifikasi sendiri dalam menerima sebuah naskah. Seperti penerbit Jakad Media Publishing yang concert pada setiap bidang dari fiksi hingga non fiksi dan dapat professional dalam setiap bidangnya serta dapat bersaing dengan penerbit lainnya yang pastinya harga terjangkau. Selalu ikuti setiap promo dan paket yang dibuat sehingga dapat menikmati peluang harga termurah setiap bulannya. Jika memang naskah kita selesai, hal pertama yang harus diketahui dari sebuah penerbit adalah visi misi dan buku apa saja yang sudah dikeluarkan oleh penerbit tersebut.

  • Cari tahu siapa pemilik penerbitan tersebut

Penting untuk kita mengetahui siapa pemilik penerbitan karena pada akhirnya nanti kita akan tahu ke mana arah penerbitan dibawa dan akan seperti apa masa depan buku kita. Maka dari itu, jangan ragu untuk menanyakan siapa pemilik dari penerbit yang kita pilih.

  • Penerbit besar, menengah atau kecil

Besar kecilnya penerbitan menjadi ukuran dalam ruang lingkup pada distribusi, segmentasi pasar, dan budget promosi. Penerbit besar memang punya anggaran besar dalam mempromosikan produk yang mereka buat, tetapi kita harus menyadari berapa banyak penulis yang bernaung di dalamnya. Tentunya dengan konsisi seperti ini tidak mungkin pihak penerbit mensupport kita sepenuhnya.

Sedangkan penerbit menengah, mereka biasanya akan mensupport secara penuh. Penerbit ini akan selektif untuk memilih buku, banyak pertimbangan yang dilakukan agar investasinya terhadap penulis yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan budget promosi mereka yang terbatas.

Lain halnya dengan penerbit kecil, mereka terkadang tidak memperhatikan sisi komersil di pasar. Karena beberapa penerbit kecil sangat idealis dengan pemikiran-pemikiran yang diusungnya. Semuanya memiliki kesan-kesan sendiri dan menjadi pembelajaran yang baik untuk lebih mengenal system perbukuan yang mereka usung. Sekarang anda sudah tahu tentang penerbit, anda bisa memutuskan bergabung dengan penerbit seperti apa dan seberapa luas lingkup pemasarannya. Sekarang, sudah saatnya anda mengirimkan naskah ke penerbit.

Bila Anda memiliki naskah/tesis/disertasi/penelitian dan ingin diterbitkan menjadi sebuah buku, silahkan hubungi kami di 08988583601

Atau email ke jakadmedia@gmail.com

____________________________________________________________________________

Sumber : Syamsa Hawa & Irawan Senda (88 kiat menjadi penulis hebat)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker