BukuNews

3 Cara Mengirimkan Naskah Ke Penerbit

Ada berbagai cara untuk mengirimkan naskah kepada penerbit. Tergantung aturan yang digunakan oleh masing-masing penerbit tersebut. Adapun cara-cara mengirimkan naskah kepada penerbit, antara lain:

  • Via pos

Cari alamat penerbit yang kita tuju. Bila tidak memiliki alamat penerbit yang dituju jangan khawatir, kita dapat melihat alamat penerbit di buku-buku yang sudah mereka cetak. Untuk naskah fiksi, dalam satu paket kiriman jangan lupa menyertakan biodata diri, synopsis singkat novel kita, dan daftar isi. Jangan lupa, menjilid naskah dengan jilid spiral, agar memudahkan pihak penerbit untuk mengecek dan mengedit naskah. Untuk beberapa penerbit, biasanya mensyaratkan pengisian form sebelum mengirimkan naskah. Dalam form tersebut biasanya mencakup biodata pribadi, analisis pasar, serta kelebihan, dan kekurangan naskah kita.

  • Via e-mail

Cara ini sangat kami sarankan karena dengan ini akan menghemat biaya dan lebih efisien. Kami dapat menjamin keamanan naskah anda. Karena di era milenial seperti ini, sangat jarang ditemui penulis yang mengirimkan naskahnya melalui pos atau datang langsung ke penerbit. Efisiensi waktu dan biaya transportasi perlu dipertimbangkan. Kepercayaan pada penerbit yang dituju adalah hal terpenting agar dapat menjali kerjasama yang baik. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah apakah penerbit yang anda tuju telah menjadi anggota IKAPI atau belum.

  • Langsung datang ke Penerbit

Datang ke penerbit adalah hal yang kadang dilakukan oleh sebagian penulis dimana tujuannya bukan hanya sekedar menaruh tulisan saja melainkan untuk mengetahui visi misi penerbit, siapa nama editor, berapa lama penulis menunggu jawaban dan naskah seperti apa yang akan dicari penerbit dalam beberapa bulan ke depan.

Bila Anda memiliki naskah/tesis/disertasi/penelitian dan ingin diterbitkan menjadi sebuah buku, silahkan hubungi kami di 08988583601

Atau email ke jakadmedia@gmail.com

____________________________________________________________________________

Sumber : Syamsa Hawa & Irawan Senda (88 kiat menjadi penulis hebat)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker