JournalJurnalNews

5 Cara Memilih Indeks Jurnal Akuntabel

Adapun cara untuk memilih indeks jurnal yang mana macam indeks dalam jurnal dapat terbagi menjadi beberapa indeks yang terakreditasi dan predator. Tetapi perlu diketahui bahwa jurnal yang diperlukan untuk dijadikan syarat kelulusan dan penelitian yang sah maka perlu memperhatikan jurnal ilmiah sebagai berikut:

  • SCOPUS

Merupakan sebuah pusat data untuk mencari jurnal ilmiah dan scopus yang diterbitkan oleh Elsevier. Karena termasuk penerbit yang bagus dan terkemuka di dunia. Karena biasanya untuk menunjang untuk tercapainya gelar doctoral, maka memang perlu mempublikasi jurnalnya kepada indeks ini. Sebelumnya ada pula indeks yang serupa dengan scopus yaitu Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters. Scopus menjadi popular karena mempunyai nilai akreditasi tinggi dalam sivitas akademik. Adapun tujuan indeksasi scopus jurnal internasional adalam sivitas akademik antara lain:

  1. Artikel yang terindeks scopus memiliki reputasi yang tinggi dalam sivitas akademik (dosen dan peneliti).
  2. Mengetahui jurnal ilmiah ini memiliki dampak yang signifikan atau tidak.
  3. Jurnal internasional yang dikeluarkan oleh DIKTI
  4. Sebagai syarat kelulusan.
  5. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

Merupakan direktori online yang dikuasai oleh komunitas yang mengindeks dan menyediakan akses ke jurnal berkualitas tinggi, adapun yang menjadi prioritasa adalah bagaimana mengubah reviewed menjadi lebih baik. Semua pendanaan melalui donasi, 40% di antaranya berasal dari sponsor dan 60% dari anggota dan anggota penerbit. Semua layanan DOAJ tidak dikenai biaya termasuk diindeks dalam DOAJ. Semua data tersedia secara gratis.

  • COPERNICUS

Merupakan indeks internasional dari luar negeri yaitu Polandia yang hampir sama dengan DOAJ hanya bedanya di indeks ini lebih banyak predatornya sehingga kami menyarankan lebih baik untuk mempublikasikan tulisan ilmiah ke SINTA. Adapun indeks ini terdapat yang gratis dan berbayar.

  • EBSCO HOST

Merupakan indeks internasional yang dapat mempublikasikan jurnal/ tulisan ilmiah penulis dengan mengikuti petunjuk-petunjuk dari indeks ini.

  • DRJI (Directory of Research Journals Indexing)

Merupakan indeks internasional yang berasal dari india dan menerima segala tulisan ilmiah penulis karena memang sifatnya yang Multidisipliner.

Bila anda berminat untuk mempublikasi jurnal melalui jasa kami, silahkan hubungi kami di No. WA 08988583601

Atau email ke jakadjournal@gmail.com

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker