BookBuku

5 Prinsip Penilaian Angka Kredit Dosen

Penilaian angka kredit Dosen sangat dibutuhkan bagi kalangan akademik. Berdasarkan pedoman operasional penilaian PAK Dosen yang berubah yaitu penghitungan nilai KUM dari masing-masing tri dharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian serta Unsur Pendukung dari Kinerja dosen. Pada panduan yang baru tahun 2019 penghitungan berubah contohnya untuk 10 sks pertama mengajar bagi dosen yang berjenjang akademik Asisten Ahli bernilai KUM 0,5 dan SKS selanjutnya adalah 0,25. jadi walaupun seorang dosen banyak mengajar pada satu semester maka nilai yang didapat tidak besar alias kecil.

Penilaian Angka Kredit Dosen (PAK Dosen), diberlakukan lima prinsip penilaian yaitu:

Adil
Setiap usulan diperlakukan sama dan dinilai dengan kriteria penilaian yang sama

Obyektif
Penilaian dilakukan terhadap bukti-bukti yang diusulkan dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta dinilai dengan kriteria penilaian yang jelas.

Akuntabel
Pertimbangan dan hasil penilaian dapat dijelaskan dan dipertanggungjawabkan.

Transparan dan Bersifat Mendidik
Proses penilaian dapat dimonitor dan dikomunikasikan dan dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran bersama, untuk mendapatkan proses yang lebih efektif dan lebih efisien dengan hasil yang lebih benar dan lebih baik.

Otonom dan Jaminan Mutu
Proses penilaian juga dilakukan dengan memberlakukan otonomi perguruan tinggi. Namun demikian pelaksanaan otonomi harus diiringi dengan proses penjaminan mutu. Dalam proses penilaian terhadap dokumen usul, perguruan tinggi negeri dan LLDikti diberi kewenangan menilai secara penuh untuk melakukan penilaian dan penetapan angka kredit jabatan akademik Asisten Ahli dan Lektor. Sedangkan untuk usulan kenaikan jabatan akademik ke Lektor Kepala dan Profesor dan kenaikan pangkat dalam jabatan akademik Lektor Kepala dan Profesor, perguruan tinggi negeri dan LLDikti diberi kewenangan untuk menilai komponen Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat dan unsur penunjang. Dalam rangka melaksanakan proses penjaminan mutu, khusus untuk komponen penelitian dan karya ilmiah sains/teknologi/seni proses penilaian kenaikan jabatan akademik Lektor Kepala dan Profesor dan kenaikan pangkat dalam jabatan Lektor Kepala dan Profesor juga dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

Sumber: PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker