JournalJurnal

Apa Perbedaan Artikel dan Jurnal?

Bagi kalangan akademik atau peneliti, artikel dan jurnal tidaklah asing dalam keseharian. Bagi orang awam, artikel dan jurnal adalah karya tulis yang mana tidak ada perbedaan dari keduanya. Sebenarnya apa sih yang membedakan artikel dan jurnal? Bukankah sama-sama karya tulis? Nah, sebelum lanjut lebih jauh, mari simak perbedaan antara artikel dan jurnal.Sebelum membahas perbedaan Artikel dan Jurnal, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian artikel dan jurnal.

Artikel adalah salah satu karya tulis yang dirancang atau dimuat dan dimasukkan dalam suatu jurnal. Artikel dibuat dari hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka, hasil pemikiran atau pun hasil dari pengembangan projek. Artikel dikelompokkan menjadi dua jika dilihat dari segi sistematika penulisan dan juga isinya, yaitu hasil penelitian dan non artikel penelitian

Jurnal adalah publikasi periodik yang berisi banyak artikel yang diterbitkan secara berkala. Biasanya diterbitkan dua kali atau empat kali dalam setahun. Jurnal lebih dikenal di kalangan akademik, karena bagi mereka yang bergelut di dunia akademik diwajibkan untuk melakukan penelitian dalam bentuk jurnal.

Berdasarkan kedua pengertian tersebut maka perbedaan artikel dan jurnal yaitu:
1. Artikel

  • Artikel dapat dimuat dalam jurnal, surat kabar, majalah, situs web, dll.
  • Artikel dapat ditulis oleh siapapun dan bisa mengenai apapun. Artikel yang dimuat di jurnal cukup terstruktur dan profesional.
  • Artikel adalah tulisan yang memuat informasi mengenai topik tertentu yang menarik.
  • Artikel biasanya ditulis untuk publikasi di mana penulis dibayar untuk artikelnya.
  • Artikel dapat disusun dan dibuat sebagai teks, dalam bentuk audio.

2. Jurnal

  • Jurnal adalah kumpulan artikel yang ditulis secara spesifik
  • Jurnal mengacu pada publikasi yang fokus pada beberapa materi pelajaran dan dapat berupa jurnal ilmiah atau jurnal akademik.
  • Jurnal biasanya disimpan secara pribadi oleh penulisnya/pemiliknya atau untuk dirinya sendiri dan dapat dilihat atau dibaca dengan biaya atau pun gratis di situs web.
  • Jurnal tidak dapat dibuat dalam bentuk audio.

Begitulah pengertian artikel dan jurnal, selain pengertian di atas. Artikel dan jurnal mempunyai kulalifikasi masing-masing. Semoga tidak ada kekeliruan lagi dalam membedakannya ya.

Untuk anda yang ingin konsultasi mengenai jurnal atau ingin dibantu untuk jasa publikasi jurnal silahkan hubungi kami melalui email jakadjournal@gmail.com

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker