5 Karakteristik Buku Ajar

Share :

5 Karakteristik Buku Ajar

 

5 Karakteristik Buku Ajar

 

Definisi dari buku ajar adalah jenis buku yang dirancang untuk digunakan oleh mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Buku ajar memuat bahan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, serta merupakan landasan pengetahuan yang digunakan sebagai alat bantu mengajar dalam proses pembelajaran di sekolah, perkuliahan ataupun belajar mandiri. Buku ajar juga memiliki beberapa karakteristik yang menjadi ciri khas pada buku ini.

Berikut 5 karakteristik pada Buku Ajar :

 

  1. Penyusunan Berdasarkan Rencana Pembelajaran (RPS)

Buku ajar digunakan sebagai proses belajar mengajar dan ditujukan untuk siswa dan siswa, sehingga penyusunan buku ajar harus sesuai dengan rencana pembelajaran semester (RPS) yang telah ditetapkan. RPS atau kurikulum dalam buku ajar menjadi tema utama yang dibahas dalam buku ajar sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Kemudian beberapa aspek yang harus ditampilkan dalam buku ajar seperti, tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai dalam kurikulum, metode pembelajaran dengan memberi penjelasan bagaimana cara mempelajari buku ajar, dan penilaian yang digunakan pada proses pembelajaran.

  1. Penjelasan Tujuan Instruksional

Buku ajar memuat tujuan instruksional untuk menunjukkan penampilan atau keterampilan yang diharapkan sebagai hasil dari proses belajar kepada siswa ataupun mahasiswa.

  1. Disusun Secara Fleksibel, Sistematis, dan Terstruktur

Kemudian, penyusunan dalam buku ajar disusun secara fleksibel, sistematis dan terstruktur untuk memberikan kemudahanaan siswa/mahasiswa dalam mempelajari buku ajar. Sehingga penyusunannya sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca, seperti menggunakan kalimat sederhanan dan efektif serta menghindari makna ganda.

  1. Memberikan Umpan Balik Kepada Pembaca

Buku ajar harus memberikan motivasi kepada mahasiswa dan siswa sebagai pembaca untuk belajar. Buku pelajaran yang baik mampu mendorong pembaca untuk memperhatikan apa yang sedang dipelajari dan mampu mengembangkan pola belajar mandiri. Sehingga buku ajar mampu memberikan umpan balik yang dirasakan oleh pembelinya. Ilustrasi yang relevan dan menarik pada buku ajar akan sangat membantu mahasiswa dan siswa untuk belajar mandiri.

  1. Mengakomodasi Pembelajaran Pembaca

Terakhir, didalam buku ajar sebaiknya memuat aspek untuk mengakomodasi kesulitan belajar mahasiswa dan siswa sebagai pembaca. Dalam penyusunan buku ajar, perlu mempertimbangkan perkembangan kognitif pembaca, agar pembaca dengan kemampuan kognitif rata-rata dapat memahami materi dengan baik, dan pembaca dengan kemampuan cerdas tidak mudah bosan dengan materi yang disajikan.

Itulah 5 karakteristik dari buku ajar yang penyusunannya perlu diperhatikan sebagai bahan pembelajaran.

Jika anda ingin mencari buku sebagai bahan bacaan dan bahan pembelajaran, anda dapat mengunjungi media sosial kami di @jakadmediastore. Kami menyediakan jasa untuk menerbitkan dan mencetak buku. Jika anda memerlukan jasa penerbit buku untuk menerbitkan naskah, anda dapat menghubungi kami di nomor 081230444797 atau kunjungi website kami www.jakad.id.com.

Baca Juga : Tips dan Trik Menerbitkan Scopus

 

Penulis : Diana M.

 

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.