Peran Penting Tanda Baca Dalam Komunikasi Tulis

Share :

 

Peran Penting Tanda Baca Dalam Komunikasi Tulis

Siapa bilang tanda baca itu membosankan? Mari kita jelajahi dunia tanda baca dan lihat bagaimana mereka dapat membuat tulisan Anda lebih jelas dan komunikatif. Sebelum itu, simak penjelasan pentingnya tanda baca dalam komunikasi tulis berikut ini!

Tanda baca merupakan elemen penting dalam komunikasi tulis, sekaligus memberikan pesan yang lebih jelas dan memudahkan pemahaman dalam sistem ejaan suatu bahasa. Sebagai seorang penulis ataupun pembaca tidak bisa mengabaikan hal ini, sebab tanda baca berfungsi dalam menyampaikan makna yang tepat dan simbol untuk memahami teks tulis. Selain itu, tanda baca dapat mengatur ekspresi sehingga mudah menentukan intonasi, memberi jeda, dan mengetahui struktur penulisan.

Dalam ranah komunikasi tulis, penempatan setiap tanda baca tentu tidak sembarangan. Tanda baca diletakkan berbeda-beda tergantung jenisnya. Seperti pada umumnya, tanda baca ditulis di akhir kalimat atau di tengah-tengah kalimat. Berikut penggunaan tanda baca yang harus penulis pahami supaya lebih jelas dan komunikatif!

Tanda Titik Koma Ganda (:)

Titik koma ganda digunakan untuk mengawali daftar. Contoh: “Kebutuhan untuk perjalanan: paspor, tiket, dan koper.”

Tanda Kurung (( ))

Tanda kurung digunakan untuk menambahkan informasi tambahan yang tidak terlalu penting. Contoh: “Ia (meskipun tidak diundang) datang ke pesta.”

Tanda Titik Koma Tergantung (;)

Tanda titik koma tergantung digunakan dalam kalimat lengkap yang terkait, seperti dalam kalimat ini; ia memisahkan dua kalimat utama. Contoh: “Hari sudah sore; anak-anak masih bermain di lapangan.” Tanda titik koma tergantung seringkali digunakan sebagai pemisah dalam sumber yang dikutip atau dalam rincian kata frasa verbal. Contoh: “Syarat pendaftaran pelatihan kerja di lembaga ini adalah
(1) WNI;
(2) berijazah S-1; dan
(3) bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.”

 

Itulah penggunaan tanda baca serta contohnya berdasarkan sistem ejaan Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan tanda baca yang tepat memiliki peran utama yakni untuk meningkatkan kualitas komunikasi tulisan Anda.

 

Baca juga : Tiga Jenis Plagiasi Yang Harus Diwaspadai

 

Jika kamu ingin cari buku bacaan atau buku referensi untuk pembelajaran, kunjungi sosial media kita di @jakadmediastore atau @jakadmedia. Kami menyediakan jasa publikasi buku, untuk informasi lebih lanjut mengenai paket terbaru kami dan informasi lainnya hubungi +62 898-8583-601

Leave Your Comment