Perbedaan Pokok Antara Buku Referensi dan Buku Ajar

Share :

 

5 Perbedaan Antara Buku Referensi dan Buku Ajar

 

Dalam dunia Pendidikan, buku merupakan sumber bacaan yang penting sebagai pelengkap proses pembelajaran serta bahan bacaan bagi guru, dosen, siswa dan mahasiswa. Ada beberapa jenis buku dalam dunia pendidikan, diantaranya buku referensi dan buku ajar. Berikut definisi dan perbedaan buku referensi dan buku ajar.

Buku referensi adalah teks ilmiah yang berbentuk buku dan memiliki pembahasan yang fokus pada suatu bidang ilmu pengetahuan. Buku ini diterbitkan dan disebarluaskan secara umum. Kemudian Isi dan struktur teks dari buku referensi disusun berdasarkan logika bidang ilmu yang ingin dituliskan penulis.

Sedangkan buku ajar adalah buku yang memuat bahan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Buku ajar merupakan landasan pengetahuan dan digunakan sebagai alat bantu mengajar dalam proses pembelajaran di sekolah, perkuliahan ataupun belajar mandiri.

Lebih lanjut, berikut adalah 5 perbedaan pokok antara buku referensi dan buku ajar :

 

1. Perbedaan pertama yakni, buku referensi memiliki gaya penulisan naratif yang mudah dibaca oleh para pembaca. Sedangkan, buku ajar memiliki gaya penulisan komunikatif yang bertujuan agar mudah dipahami oleh siswa dan mahasiswa.
2. Selanjutnya, Buku referensi dirancang untuk dibaca oleh umum, sedangkan buku ajar dirancang khusus untuk digunakan oleh guru, dosen, siswa dan mahasiswa.
3. Perbedaan ketiga adalah gaya penyajian, dimana buku referensi disajikan secara formal dengan susunan penjelasan satu pihak saja dari penulis. Sedangkan buku ajar disajikan secara semi-formal dengan susunan dan penjabaran yang mudah dipahami oleh siswa dan mahasiswa.
4. Buku referensi tidak memiliki tujuan instruksional karena hanya digunakan sebagai buku pendamping pembelajaran, sedangkan buku ajar menjelaskan tujuan instruksional karena buku ini memiliki tujuan untuk menunjukkan keterampilan sebagai hasil dari proses belajar kepada siswa ataupun mahasiswa
5. Terakhir, buku referensi tidak memberikan rangkuman pembahasan dalam buku, sedangkan buku ajar memiliki rangkuman dan latihan yang dapat dipahami dan dipraktikan oleh siswa dan mahasiswa.

Itulah 5 perbedaan pokok yang perlu diketahui antara buku referensi dan buku ajar. Meskipun sama-sama sebagai buku bacaan ternyata keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Selengkapnya, Jika kamu ingin mencari buku sebagai bahan bacaan dan bahan pembelajaran, kamu bisa mengunjungi media sosial kami di @jakadmediastore. Kami juga menyediakan jasa untuk menerbitkan dan mencetak buku. Untuk keperluan jasa penerbit buku dan naskah tulisanmu, segera hubungi kami di nomor 081230444797 atau dapat mengunjungi website kami www.jakad.id.com.www.jakad.id.com.

Baca Juga : Pentingnya Membaca Buku, Ini 5 Manfaatnya!

 

Penulis : Diana M.

 

 

 

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.