BookBuku

Cara Menerbitkan Buku Ber-ISBN

Dalam menerbitkan buku pastinya selalu dibubuhkan dengan menggunakan nomer ISBN di belakang buku yang dilakukan dari penerbit buku. Mengapa harus ada nomer ISBN? Karena setiap tahun pasti setiap tulisan yang berbentuk buku atau makalah akan bertambah sehingga menimbulkan judul buku yang sama dengan pengarang yang berbeda, jadi diberikan nomer ISBN untuk mempermudah identifikasi buku tersebut.

Dalam era ini, banyak penulis, dosen yang menginginkan buku mereka ber ISBN. Oleh karena itu banyak sekali penerbitan buku sekarang ini dengan mendaftarkan orderan buku mereka ke perpusnas untuk mendapatkan nomer ISBN.

ISBN (International Standard Book Number) sendiri adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit.

Cara menerbitkan buku ber-ISBN:
1. Mengirimkan naskah anda ke penerbit buku
2. Permohonan ISBN sekarang harus via online, dengan mengklik
https://isbn.perpusnas.go.id/ untuk via email juga diperuntukkan tapi untuk penerbit lama yang sudah berlangganan via email sejak dulu yang belum menggunakan via online.
3. Penerbitan baru harus memiliki Akta Notaris dan SIUP berbadan hukum untuk menjadi anggota dalam hal penerbitan sendiri.
4. Penerbit hanya bisa menerbitkan ISBN dengan atas nama penerbit sendiri dan juga sudah menjadi anggota

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah menulis halaman depan yaitu halaman depan penuh, halaman daftar isi, dan halaman kata pengantar. Kepentingan halaman ini untuk meyusun Katalog dalam terbitan (KDT) yang terkadang juga memerlukan informasi spesifikasi buku yaitu dengan ketebalan halaman buku, tinggi buku, dan ukuran buku.

Demikianlah artikel tentang menerbitkan buku ber-ISBN, semoga artikel ini bermanfaat untuk masyarakat umum, dosen, penulis, dan mahasiswa.

Terima Kasih.

Sumber:
https://printondemand.co.id/cara-mendapatkan-isbn/

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker