Bagi Bapak/Ibu yang hoby menulis pasti membutuhkan layout untuk menunjang nakah agar terlihat lebih bagus. Namun banyak juga yang tidak tahu bagaimana mengatur dan membuat layout yang bagus seperti buku-buku yang terpampang rapi di toko buku.

Berikut, Jakad Publishing akan memberikan tips atau cara membuat layout buku yang menarik.

Atur kertas agar tercetak bolak-balik

Buku yang diterbitkan kebanyakan menggunakan format pencetakan secara bolak-balik, jarang kita temui buku yang dicetak satu muka saja pada sebuah kertas. Tahukah anda cara agar margin pada word atau pada wps office dapat digunakan untuk mencetak halaman buku yang bolak balik tersebut?
Jika anda sudah mengetahui maka anda hanya perlu merubah setelan pada dialog Menu PAGE SETUP halaman, Ubah menu multiple pages dari NOMAL menuju MIRROR MARGINS. Ya betul, dengan menggunakan Mirror Margins maka secara otomatis margin yang terbentuk di Program pengolahan kata menjadi sesuai untuk dicetak secara bolak balik (model buku). Inilah langkah awal yang harus anda lakukan.

Pada bagian pengaturan ukuran margin halaman, pembaca bisa mengaturnya sesuai selera pembaca apakah akan diatur menjadi 1 cm dengan penambahan 1 cm pada bagian inside (atau gutter) ataupun ukuran lainnya, itu kami serahkan kembali pada pembaca. Kami hanya bisa mengingatkan untuk mengatur penambahan 1 cm atau lebih pada bagian bidang dalam buku.


Menentukan Ukuran Kertas

Saat ini kebanyakan buku yang beredar dipasaran menggunakan ukuran A5 (14,7cm x 20,9cm) atau dengan kata lain setengah dari ukuran A4. Tapi untuk kebutuhan akademik seperti buku referensi atau buku ajar menggunakan ukuran B5/Unesco (15,5 x 23 cm).


Menentukan huruf yang digunakan

Penggunaan huruf pada penulisan sebuah buku hendaknya memilih huruf yang modelnya dapat terbaca dengan baik, jika pada karya tulis ilmiah biasanya pemilihan huruf menggunakan Times New Roman dengan ukuran 12 px atau dapat menggunakan huruf arial dengan ukuran 10px.


Memberi nomor halaman

Salah satu unsur buku yang hadir adalah menambahan nomor halaman, penambahan nomor halaman dapat dilakukan dengan menggunakan menu insert kemudian Ribbon Insert kemudian pilih page number.
Penempatan nomor halaman pada buku, baiknya ditempatkan di pojok kanan bawah, kecuali pada karya tulis ilmiah yang harus mentaati aturan-aturan penulisannya.  Misalkan : Menuliskan nomor halaman pada bagian bab di tengah bawah, kemudian selain halaman bab dituliskan pada pojok kanan atas.
Jika beberapa langkah diawal sudah dilakukan maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan penulisan. Melakukan penulisan pada buku yang anda buat.

Permasalahan membuat tulisan adalah mengatasi rasa malas. Rasa malas dapat timbul secara tiba-tiba yang menyebabkan seseorang jadi patah semangat untuk menulis

Dapatkan Voucher senilai 350.000 dengan menerbitkan buku pada bulan April di Jakad Media Publishing

Nah untuk tampilan layout bisa anda menggunakan beberapa aplikasi software. Terdapat banyak aplikasi yang sebenarnya bisa anda gunakan dalam membuat layout buku, yaitu adobe photoshop, coreldraw, indesign dan beberapa aplikasi desain lainnya. Akan tetapi, jika anda masih pemula dalam membuat sebuah desain.

Di Jakad Publishing, layout sudah di tangani langsung oleh ahlinya.

Jika anda mempunyai naskah dan ingin diterbirkan, silahkan kirim ke jakadmedia@gmail.com

atau hubungi 087851608567

#Penerbit #PenerbitBuku #PenerbitBukuMurah #PenerbitBukuSurabaya #PenerbitBukuJawaTimur #PenerbitBukuIKAPI #BukuAjar #PenerbitPOD #PenerbitMurah #DosenMenerbitkanBuku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here