BookBuku

KESENIAN DONGKREK (Internasilisasi Nilai dan Ketahanan Budaya)

Penulis: Muhammad Hanif, Yudi Hartanto, Anjar Mukti Wibowo
ISBN: 978-602-52855-2-3
Tebal: 89 halaman
Penerbit: Jakad Media Publishing

Dalam kehidupan masyarakat Indonesia di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) dewasa ini tidak bisa menghindarkan diri dari hubungan dengan budaya dari luar. Jika masyarakat tidak selektif dan kurangnya kesadaran terhadap kebudayaan yang telah dimilikinya, maka jati diri kebudayaan yang dimiliki baik lokal maupun nasional lambat laun akan pudar. Sebaliknya jika masyarakat memiliki kesadaran budaya, ketahanan budaya, kemampuan melestarikan dan menjaganya maka budaya luar dapat dijadikan sebagai unsur pendorong kebudayaan ke arah
yang lebih maju dan modern.

Bangsa Indonesia memiliki kesenian lokal dan nasional yang beraneka ragam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, salah satunya yaitu kesenian Dongkrek. Kesenian ini merupakan kesenian tradisional khas Kabupaten Madiun yang hingga kini masih didukung oleh masyarakat Madiun tentunya dengan nilai- nilai budaya yang mendorongnya.

Namun tidak sedikit masyarakat belum memahami dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi menyikapi masalah hidup dan kehidupan terutama yang berkaitan dengan interaksi sosial di era globalisasi dewasa ini. Untuk itu buku ini hadir sebagai ikhtiar untuk mengenkulturasi dan mensosialisasikan nilai-nilai keutamaan (adiluhung) kesenian Dongkrek yang potensial untuk dijadikan sumber internalisasi nilai dalam memperkokoh ketahanan budaya.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker