BookBukuJournalJurnal

Manfaat Jurnal Ilmiah Menjadi Buku Ajar

Dalam era sekarang ini, sebagai mahasiswa, banyak membaca jurnal ilmiah adalah hal yang harus dilakukan. Karena kita harus mencari banyak referensi-referensi untuk tugas yang diberikan oleh dosen tidak hanya melalui buku-buku saja tapi juga kita harus mencarinya melalui jurnal-jurnal ilmiah. Hal ini dilakukan agar mahasiswa menambah ilmu pengetahuan, menunjang kemampuan menganalisis masalah terkait dengan penelitian.

Jurnal ilmiah disini adalah sebuah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan yang mengandung data-data atau informasi yang lebih kongkrit dan disusun secara sistematis dan diterbitkan secar berkala. Jurnal ilmiah ini adalah komponen penting untuk mendukung proses belajar karena mengandung informasi dan data-data dari hasil sebuah penelitian pada suatu objek dan jurnal bahkan bisa menjadi bahan bacaan yang lebih bermutu karena menyediakan sumber informasi yang lebih mutakhir dan terkini yang terkadang tidak bisa kita dapatkan dari buku-buku.

Dengan adanya jurnal ilmiah ini maka akan sangat cepat perkembangan ilmu pengetahuan dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, mahasiswa harus menjadi mandiri dan aktif dalam mencari jurnal-jurnal sebagai referensi penunjang keilmuannya. Pada jurnal ilmiah ini mengandung pengertian-pengertian yang informatif, disusun secara sistematis, selalu berkembang dari waktu ke waktu, dan dapat dipahami dengan cepat.

Jurnal ilmiah ini sangat sering digunakan bahan referensi daripada rujukan dari buku. Mahasiswa yang sudah terbiasa membaca jurnal-jurnal di awal perkuliahan akan sangat mudah dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Karena dalam hal ini, mereka akan mengetahui terlebih dahulu semua informasi atau penelitian-penelitian terbaru yang belum mereka dapatkan dari buku sehingga membuat pikiran mereka akan menjadi lebih maju dan berkembang mengenai pengetahuan baru tersebut.

Ada beberapa manfaat jurnal ilmiah dijadikan sebuah buku ajar diantaranya:

1. Informatif

Informatif yang dimaksud disini adalah informasi yaitu suatu hal yang dibutuhkan oleh setiap orang di zaman sekarang ini. Karena informasi merupakan faktor penting dalam menunjang ilmu pengetahuan dan meningkatkan proses pembelajaran di perkuliahan.

2. Mutakhir

Mutakhir yang dimaksud disini adalah pembaruan, dalam hal ini mahasiswa dituntut untuk memiliki ilmu yang permasalahannya unik dan terkini sehingga nantinya bisa dibuat untuk sebuah penelitian untuk dijadikan pembaruan pengetahuan.

3. Interdisipliner

Interdisipliner adalah pendekatan dalam pemecahan suatu masalah dengan menggunakan tinjauan berbagai sudut pandang ilmu serumpun yang relevan secara terpadu. Dalam hal ini adalah penelitian ini mampu membawa perubahan yang penting dalam cara pandang pembaca dan menghasilkan produk baru dari sebuah sinergi ilmu gabungan tersebut. Mahasiswa yang terbiasa dengan disiplin ilmu, pola pikir mereka akan berkembang dan melihat pengetahuan dari cara yang berbeda.

Jadi, jangan malas untuk membaca berbagai macam jurnal yaa teman-teman, jurnal apapun itu baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Karena setiap jurnal pasti akan menyaring sebuah informasi yang mutakhir dan melalui hasil dari penelitian yang kongkrit dan jelas.

Demikianlah manfaat jurnal ilmiah untuk dijadikan sebuah buku ajar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadikan bahan informasi untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.

Terima Kasih.

Sumber:
https://www.kompasiana.com/ayilovepito/59ff34bf8dc3fa1d452364a2/pemanfaatan-jurnal-ilmiah-sebagai-bahan-ajar?page=3
https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/download/1496/1011


Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker