Tak Berkategori

Memulai Menulis

Menjadi penulis adalah cita-cita bagi sebagian orang. Mempunyai karya berbentuk buku dengan uraian kata menarik dan informatif yang mampu memikat orang-orang untuk membacanya. Menjadi penulis bukan karena seberapa besar ketenaran dan royalti yang didapat melainkan bagaimana karya tersebut bisa dinikmati oleh kalangan. Memang tidak semua karya tulis diterbitkan untuk dinikmati secara umum, ada juga diterbitkan untuk kepuasan pribadi.

Namun, bagaimana memulai menulis dan bisa menerbitkannya? Berikut ada beberapa informasi yang bisa anda kembangkan untuk memulai menulis.

  • Temukan Sebuah Ide

 Sebelum mulai menulis buku, Anda butuh ide cerita. Ide ini adalah kunci buku Anda. Tapi, menemukan sebuah konsep bisa terasa sulit. Ide-ide biasanya berdatangan kalau Anda terbuka untuk mengalami banyak hal. Ya, cara terbaik untuk menemukan ide adalah pergi keluar rumah dan beraktivitas. Konsep awal bisa beragam bentuknya. Anda bisa menemukan sebuah ide untuk alur cerita yang belum spesifik. Boleh juga gambaran situasi dan latar, profil tokoh utama, atau bahkan ide-ide kecil yang belum berkembang. Sekasar apa pun, tiap ide bisa berubah jadi buku yang luar biasa.

  • Kembangkan Konsep

Keembangkan konsep jadi makin kompleks. Kembangkan konsep itu hingga berakhir dengan kesimpulan logis. Pikirkan apa yang akan terjadi akibat serangkaian peristiwa, atau apa pun yang menjadikan ide-ide itu lebih kompleks. Konsep yang lebih berkembang akan membantu Anda membangun alur cerita.

  • Menentukan Kondisi (Mood)

Kondisi atau suasana hati adalah faktor pertama yang harus diperhatikan ketika ingin memulai menulis. Memulai menulis saat suasana hati sedang dirundung masalah akan menghasilkan tulisan yang tidak diingkaan bahkan bisa jadi anda tidak jadi untuk memulai menulis.

Info penerbitan buku silahkan e-mail ke jakadmedia@gmail.com

Menulislah dari sekarang. Menulis tentang apa saja yang Anda sukai. Kalau Anda berani, minta orang lain untuk membacanya, namun jika Anda masih malu-malu, simpanlah untuk sendiri.

Selain itu, banyaklah membaca dan belajar (bisa dari Internet, film, atau program televisi yang baik). Apapun yang ingin Anda tulis, baik fiksi atau non-fiksi, memerlukan banyak riset dan ilmu agar tulisan Anda berkualitas dan berfaedah. Namun bacaan Anda juga harus diseleksi. Bacalah buku dan tulisan yang benar-benar berkualitas. Cari penulis yang memang diakui karyanya, salah satunya melihat review dari Goodreads.

Selamat menulis

#JakadMedia #penerbitbuku

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker