JournalJurnal

Mengenal ISSN Dalam Jurnal Ilmiah

Dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional selalu ada nomer ISSN. ISSN (International Standard Serial Number) adalah yang berarti nomer pengenal yang diberikan kepada terbitan berkala atau publikasi berkala media cetak ataupun elektronik. Adapun kategori terbitan berkala ini meliputi majalah, surat kabar, bulletin, buku tahunan, laporan tahunan, jurnal, dan prosiding aneka pertemuan ilmiah. Nomer ISSN terdapat 8 angka. Manfaat dari nomer ISSN ini adalah memudahkan pelaksanaan administrasi seperti mendata terbitan berkala yaitu artikel jurnal yang sudah publish.

ISSN digunakan sebagai prasyarat akreditasi jurnal nasional dan indexing, misalnya scopus, DOAJ, Elsevier, dan lain-lain. Sebuah terbitan berkala harus mempunyai satu ISSN untuk satu media. Artinya, jika jurnal tersebut memiliki 2 ISSN, masing-masing untuk cetak dan online. Untuk media online biasanya ditulis e-ISSN (electronic ISSN) sedangkan untuk media cetak ditulis ISSN (printed).

Ada beberapa cara untuk mencari jurnal yang ber-ISSN. Pertama adalah dengan pergi ke perpustakaan. Jadi di perpustakaan tidak hanya mencakup buku-buku saja, akan tetapi juga jurnal dan prosiding penelitian ilmiah yang sudah memiliki ISSN. Jika anda ingin mencari di perpusnas, anda bisa mengunjungi website http://e-resources.perpusnas.go.id/. Kedua adalah dengan mengunjungi IPI, IPI adalah portal garuda Publikasi Indonesia Index. Untuk rujukan situs penyedia jurnal nasional yang ISSN bisa mencari di situs portal garuda atau IPI, dalam portal garuda ini kita bisa mencari jurnal berdasarkan judul, abstract, author, dan affiliation. Ketiga adalah LIPI, LIPI adalah sebuah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Khusus bagi penerbit jurnal ilmiah, himpunan prosesi, lembaga penelitian, lembaga penelitian dan lembaga lain dapat langsung mengunjungi website http://www.jurnal.lipi.go.id/. Keempat adalah DOAJ, DOAJ yaitu kepanjangan directory of open access journals. DOAJ merupakan situs yang mempunyai banyak jurnal didalamnya, lebih dari 20.000 jurnal dapat anda akses. DOAJ dapat diakses oleh siapapun, anda pun dapat memperoleh jurnal internasional dari situs ini juga, untuk mengaksesnya anda bisa mengunjungi websitenya melalui https://doaj.org/. kelima adalah Copernicus, yaitu situs yang secara substansi seperti DOAJ, jadi didalam situs ini mempunyai banyak jurnal didalamnya, kita bisa mencari judul jurnal didalamnya, kita bisa mengakses situs Copernicus ini melalui website https://journals.indexcopernicus.com/.

Demikianlah artikel tentang pengenalan ISSN dalam jurnal ilmiah semoga bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan sumber informasi bagi masyarakat umum dan juga bisa bermanfaat untuk civitas akademik, khususnya mahasiswa S2 dan S3 untuk syarat kelulusan dalam kurikulum perkuliahan.

Ingin menerbitkan artikel anda? Bisa kirim naskah anda ke email kami melalui jakadjournal@gmail.com

Terima Kasih

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker