BukuTak Berkategori

Mengenal Karya Tulis Ilmiah, Karya Ilmiah & Ilmiah Populer

Karya tulis ilmiah adalah Tulisan yang disusun oleh orang atau sekelompok orang (tim) yang melakukan penelitian/kajian. Karya ini mempunyai bertujuan menjelaskan secara akurat prosedur/metode yang berlaku dan menyajikan hasil penelitian .  Karya ini ditulis dengan format standard: abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta daftar pustaka. Contoh: Laporan penelitian, Skripsi, Tesis/Disertasi, Tugas akhir, Makalah hasil penelitian

Karya  ilmiah adalah: Tulisan/artikel yang ditulis oleh orang atau sekelompok orang (tim)  dibidangnya dan berpengalaman. Tulisan  bukan berasal dari hasil penelitian/kajian tetapi berasal dari gagasan atau tinjauan literatur yang bersifat ilmiah dan ditulis berdasarkan kaidah ilmiah. Namun format tulisan tidak perlu mengikuti standar karya tulis ilmiah. Contoh:Proposal, Ringkasan eksekutif, Makalah bahan ajar dan modul, Tinjauan literatur.

Penulisan ilmiah populer Karya ilmiah yang disajikan dalam tulisan populer dengan tujuan dibaca oleh pembaca umum.  Ditulis oleh ilmuwan dibidangnya, maupun oleh orang lain yang bukan di bidangnya namun dapat menyajikan secara populer. Contoh: Artikel-artikel yang dimuat di majalah Baca/Koran dll.  

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker