JournalJurnal

Mengenal Scopus dan Tujuan Jurnal Internasional Indeks Scopus Dalam Akademik

Scopus adalah sebuah pusat data untuk mencari jurnal ilmiah dan scopus ini diterbitkan oleh Elsevier. Elsevier adalah penerbit yang bagus dan terkemuka di dunia. Banyak dari peneliti di dunia ingin menerbitkan artikel mereka di jurnal yang terindeks scopus. Scopus sendiri memiliki kurang lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit. Sebelumnya ada indeks yang serupa dengan Scopus yaitu Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters. Namun di era sekarang ini, banyak peneliti yang berminat jika artikel mereka diterbitkan di jurnal terindeks scopus karena lebih populer dan mempunyai nilai akreditasi tinggi dalam sivitas akademik.

Dalam hal ini, ada beberapa tujuan indeksasi scopus jurnal internasional dalam sivitas akademik, diantaranya:
1. Artikel yang terindeks scopus memiliki nilai angka kredit dan reputasi yang tinggi dalam sivitas akademik (dosen dan peneliti).
2. Untuk mengetahui dan mengukur apakah jurnal ilmiah memiliki dampak yang signifikan atau tidak.
3. Dengan adanya scopus, peneliti bisa mengukur dan menentukan dimana akan menerbitakn jurnal atau artikel ilmiahnya.
4. Jurnal yang terindeks scopus juga akan menyajikan data hak paten berbagai penelitian yang telah terbit di dunia.
5. Jurnal terindeks scopus adalah jurnal internasional yang bereputasi sesuai dengan petunjuk operasional yang dikeluarkan oleh DIKTI.
6. Sebagai syarat kelulusan mahasiswa.

Dari penjelasan tujuan indeksasi diatas, maka sangatlah penting untuk pemilihan literatur yang baik dan benar. Jadi artikel ilmiah yang kita buat haruslah menggunakan tata cara penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar, harus mempunyai pembaruan topik dan sesuai dengan jurnal yang kita pilih. Oleh karena itu jurnal atau artikel ilmiah yang telah terindeks scopus dan sudah diterbitkan telah melalui seleksi yang ketat karena kualitas dan kredibilitas dalam artikel tersebut akan dilihat dan direview dengan seksama sebelum diindeks ke dalam basis data scopus.

Demikianlah penjelasan mengenai scopus dan tujuan jurnal internasional indeksasi scopus dalam akademik. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan tambahan pengetahuan bagi dosen, mahasiswa, dan peneliti.

Terima Kasih.

Sumber:
https://www.translatejurnal.com/blog/jurnal/mengenal-scopus-indeks-jurnal-internasional.html

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker