BookBuku

Pengertian dan Jenis-Jenis Artikel

Membaca adalah kegiatan yang sengaja atau tidak sengaja dilakukan setiap hari. Tahukah anda berapa banyak huruf yang kita baca? berapa kalimat yang telah sengaja terbaca? dan berapa jenis tulisan yang kita baca? tentu semua tidak terhitung, karena membaca adalah transfer ilmu yang begitu mudah sehingga tidak perlu ukur berapa banyak huruf, tulisan atau kalimat yang sudah terbaca.

Bagi kalangan yang hobi membaca pasti tidak asing dengan artikel. Ya, tulisan lengkap mulai dari judul, materi pembahasan dan penjelasan. Artikel memuat informasi dari berbagai sumber tergantung judul yang dibahas.

Ada beberapa jenis artikel yang biasa digunakan dalam menganalisis sesuatu atau membuat tulisan. Di antaranya:

Artikel Persuasi:
Jenis pertama ini adalah artikel persuasi, persuasi artinya mengajak atau bersifat ajakan. Jadi artikel ini mengandung makna tulisan karangan yang mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pembaca agar dapat melakukan sesuatu.

Contohnya: Tanam seribu pohon untuk penghijauan, katakan tidak pada narkotika.

Dalam contoh di atas, dengan judul menanamkan seribu pohon berarti penulis mengharapkan kepada pembaca agar mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis dengan tujuan penghijauan, dalam penghijauan ini untuk menanggulangi banjir, pemanasan global dan lain-lain. Untuk contoh kedua dengan judul katakan tidak pada narkotika adalah penulis mengharapkan kepada pembaca agar jangan mencoba untuk merokok ataupun narkotika, karena itu sangat membahayakan generasi bangsa dan merugikan diri sendiri juga.

Artikel Argumentasi:
Jenis kedua adalah artikel argumentasi yaitu sebuah artikel yang membuktikan pendapat kebenaran, dalam hal ini penulis mengharapkan pembenaran dari pembaca namun juga didasari oleh data, alasan, dan fakta yang jelas dan kongkrit untuk mendukung pendapat.

Contohnya: sepak bola Indonesia terancam dibekukan oleh FIFA. Pasalnya, pihak pemerintah dianggap terlalu campur tangan dengan sepak bola di Indonesia.

Artikel Eksposisi:
Jenis ketiga adalah artikel Eksposisi yaitu memaparkan atau menjelaskan kepada pembaca tentang suatu topik untuk memberikan informasi serta pengetahuan yang bisa ditunjukkan oleh gambar, grafik, dan statistik.

Contoh: TBC adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangusng lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah.

Artikel Narasi:
Jenis keempat adalah artikel narasi yaitu sebuah cerita dimana dalam artikel ini menuangkan sebuah gambaran peristiwa yang terjadi dalam narasi berupa fiksi atau juga fakta. Penulisan artikel ini biasanya membutuhkan waktu yang lumayan panjang.

Contoh: novel, komik, dongeng, cerpen.

Artikel Eksplanatif:
Jenis kelima ini adalah artikel eksplanatif yaitu sebuah penjelasan, tulisan atau bacaan yang menjelaskan mengenai suatu masalah tertentu dengan dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda, dalam artikel eksplanatif ini adalah jenis artikel yang menjelaskan dari sebuah permasalahan bagaimana, apa, mengapa, dan lain-lain.

Contoh: artikel ilmiah yang harus menggunakan data-data penelitian dan pengalaman.

Setelah mengerti jenis-jenis artikel di atas, tak perlu bingung atau bertanya “ini jenis artikel apa?”. Yuk, mulai banyak-banyak membaca agar informasi yang kita dapat semakin banyak.

Untuk anda yang ingin menerbitkan buku, atau konsultasi naskah. Silahkan hubungi kami di email jakadmedia@gmail.com

Sumber:
https://www.idpengertian.com/pengertian-artikel/

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker