BookBuku

Pentingnya Daftar Pustaka Dalam Sebuah Karya Tulis Ilmiah

Daftar Pustaka adalah sumber rujukan untuk mendukung kebenaran yang ada dalam isi sebuah buku tersebut karena itu daftar pustaka sangat penting sebagai bukti rujukan yang valid dalam sebuah karya tulis. Sumber rujukan tidak hanya diambil dari buku, melainkan juga bisa di dapat dari sumber koran, jurnal, majalah, atau sumber lainnya yang telah digunakan. Semakin valid sumber referensi yang digunakan, karya tulis tersebut juga mempunyai kualitas yang baik. Daftar pustaka yang baik dan berkualitas sebaiknya di ambil dari sumber referensi dalam negeri dan luar negeri.

Daftar pustaka bisa digunakan kembali untuk karya tulis ilmiah dan juga pustaka bisa menjadi bahan yang dapat ditelusuri kembali dan menjadi dasar keaslian karya tulis yang di buat. Penulisan sumber secara lengkap dan jelas dapat membuat orang lain mudah untuk menelusurinya.

Tujuan daftar pustaka sendiri yaitu, memperkuat argumentasi/teori karya tulis ilmiah tersebut, sebagai bentuk apresiasi karya orang lain, memberikan informasi secara valid kepada pembaca, dan menghindari plagiarisme.

Hindari mengambil sumber referensi dari website seperti, blogspot, Wikipedia, website pribadi, ataupun yang lainnya, karena referensi tersebut kurang jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ingin menerbitkan buku? Konsultasi naskah naskah? Silahkan hubungi kami di jakadmedia@gmail.com

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker