BookBuku

Perbedaan Antara Kutipan, Catatan Kaki, dan Daftar Referensi

Saat menulis buku atau karya ilmiah pasti kita akan kesulitan bagaimana membuat kutipan, catatan kaki ataupun daftar pustaka. Hal ini wajar saja terjadi, mengingat menulis buku teks atau buku ajar dan karya ilmiah bukanlah menulis karangan belaka. Butuh sumber kuat dan komprehensif.

Referensi begitu penting saat menulis buku atau karya ilmiah. Menurut KBBI, referensi adalah sumber acuan (rujukan, petunjuk). Untuk memperjelas referensi yang ada dalam buku berikut akan kami bahas mulai dari kutipan, catatan kaki dan daftar pustaka.

Kutipan adalah suatu kata yang semua orang mungkin belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, pendapat, atau ide yang diambil dari berbagai sumber. Suatu gagasan bisa diambil dari buku, ensiklopedia, laporan, artikel, majalah, kamus, internet, dan lainnya.

Ada 2 jenis kutipan yaitu:

  1. Kutipan langsung adalah kutipan yang dilakukan penulis dengan cara menulis kembali pikiran atau pendapat atau ide atau gagasan orang lain sama persis dengan aslinya.
  2. Kutipan tidak langsung adalah mengutip dengan cara meringkas kalimat dari sumber aslinya. Namun tidak menghilangkan gagasan asli dari sumbernya.

Catatan Kaki/footnote adalah catatan khusus yang ditulis di bagian bawah di setiap lembaran atau akhir bab, yang biasa digunakan untuk memberikan informasi keterangan/komentar.

Daftar Referensi/Pustaka adalah sumber rujukan untuk mendukung kebenaran yang ada dalam isi sebuah buku

Dari ketiga pengertian di atas, ada perbedaan diantara ketiganya. Pada kutipan, kalimat yang kita ambil dari orang lain berfungsi sebagai penguat dari pendapat kita di dalam suatu buku. Pada catatan kaki, terdapat halaman, judul, dan nama pengarang berfungsi untuk menunjukkan dari mana kutipan itu berasal. Sedangkan daftar referensi/pustaka untuk memberikan gambaran tentang buku, majalah, surat kabar yang menjadi sumber kutipan tersebut.

Untuk info penerbitan buku silahkan hubungi kami di jakadmedia@gmail.com

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker