Tak Berkategori

Perbedaan Paradigm Dan Worldview

Dalam kehidupan kita sehari-hari, biasanya kita mengenal kata paradigma dan cara pandang. Lalu apakah sama paradigma dengan cara pandang? Dalam diri manusia mempunyai paradigm dan cara pandang sendiri-sendiri. Mereka mempunyai pemikiran yang berbeda-beda.

Paradigma adalah berasal dari bahasa inggri yaitu “paradigm” yang berarti cara berpikir, kata paradigma ini biasanya digunakan oleh orang-orang dengan tingkat keilmuan dan wawasan yang terbilang tinggi. Biasanya juga kata paradigm ini bisa kita temui oleh para aktivis-aktivis kampus dan berbagai penggerak organisasi. Dalam definisi umum, paradigm adalah suatu kepercayaan atau konsep yang diterima secara luas tentang bagaimana dunia itu beroperasi. Dalam hal ini seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan dunia, maka sebuah paradigma seseorang juga akan mengikuti perkembangan zamannya tidak akan berdiri stagnan. Paradigma juga termasuk sesuatu yang di percaya bisa menjadi sebuah kebenaran dan dapat diandalkan. Sebuah paradigm juga bisa diartikan mengkonfirmasikan sebuah prasangka (preconceptions) atau hipotesis (hypotheses). Dan sebuah paradigm juga terikat secara historis dan budaya.

Sebuah pergeseran paradigma (paradigm shift) itu bisa kita sadari dan bisa tidak kita sadari, jika kita sadar akan suatu peristiwa yang berubah maka cara berpikir kita juga akan ikut berubah karena kita mengikuti alur perkembangan zaman. Sebuah pergeseran paradigm juga dipengaruhi oleh pemikiran kita (open mind). Pergeseran paradigma terjadi ketika paradigm dominan diganti dengan paradigm baru.

Sedangkan untuk worldview adalah cara pandang, jadi worldview adalah cara pandang seseorang terhadap dunia atau suatu peristiwa dan bagaimana mereka menunjukkan pandangan mereka sendiri karena setiap orang memiliki cara pandang berbeda-beda. Dalam definisi lain worldview merupakan kepercayaan-kepercayaan dasar yang sungguh-sungguh hidup dalam diri seseorang, dan cenderung membuat pola atau kerangka. Adapun fungsi worldview yaitu memberikan sebuah arah atau kompas dalam hidup. Worldview itu semacam map yang memberikan pengertian tentang apa yang benar dan apa yang salah atau apa yang patut atau apa yang tidak patut dari peristiwa-peristiwa dan gejala-gejala yang membingungkan.

Fungsi lain dari worldview adalah membentuk cara menilai peristiwa, isu-isu dan struktur dari peradaban. Dengan kata lain, worldview berfungsi untuk memberikan arah sekaligus struktur dari cara melihat segala sesuatu yang ada. Untuk mengenali worldview, biasanya akan tergambar jelas ketika diperhadapkan kepada persoalan-persoalan yang mendesak. Worldview yang sesungguhnya tidak begitu kelihatan ketika menghadapi masalah-masalah yang sepele.

Ketika menghadapi persoalan-persoalan yang kritis, worldview atau cara pandang kita akan terpampang dengan jelas. Saat seseorang membuat keputusan itulah worldview yang sesungguhnya.

Demikianlah pengertian dari paradigma (cara berpikir) dan worldview (cara pandang), semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk masyarakat umum yang membacanya dan bisa dijadikan tambahan informasi dan pengetahuan.

Sumber:
https://www.putra-putri-indonesia.com/wawasan-dunia.html
http://bitmyfingers.blogspot.com/2011/10/tugas-soft-skill-pergeseran-paradigma.html

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker