Scopus merupakan salah satu database (pusat data) sutasi atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia, Elsvier. Scopus mulai diperkenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2004. Scopus biasanya bersaing ketat dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters yang juga menjadi pusat data terbesar di dunia. Wajar saja, sebab WOS lebih dulu terbit dibandingkan dengan Scopus. Namun kenyataan di lapangan, Scopus lebih banyak diminati dan menyediakan lebih banyak jurnal (20% lebih banyak) jika dibandingkan dengan WOS. Selain scopus, data base lain yang memiliki jangkau data banyak adalah Sciencedirect. Fyi, Sciencedirect juga diterbitkan oleh Elsevier. Kedua database ini berfokus pada 4 bidang ilmiah yakni sains fisik dan teknik, ilmu hayati, ilmu kesehatan dan ilmu sosial humaniora.

Mengapa Jurnal yang Terdaftar di Scopus terlihat Prestisius?

Alasan utamanya adalah karena jurnal yang terbit di scopusadalah jurnal internasional yang bereputasi. Abdul hamid dalam tulisannya menjelaskan bahwa dalam petunjuk operasional yang dikeluarkan dirjen DIKTI, jurnal-jurnal yang telah terindex di dalam Web of Science, Scopus, atau Microsoft Academic Search memiliki nilai angka kredit yang tinggi (bagi dosen dan peneliti). 

Sekarang, menerbitkan jurnal sudah menjadi kewajiban bagi peneliti dan dosen dalam menaikkan jabatan. Begitu juga bagi mahasiswa jenjang S2 atau S3 yang banyak diwajibkan mempublikasikan jurnal internasional untuk kelulusan dan syarat sidang.

Namun, banyak kendala yang dihadapi para peneliti, dosen, ataupun mahasiswa khususnya dalam penulisan artikel di jurnal internasional. Mulai dari persyaratan teknis hingga kemampuan penulisan dalam bahasa Inggris, sebab bahasa yang digunakan lebih ilmiah. Dan harus ada kebaharuan yang disampaikan dalam artikel, terlebih banyak sekali artikel yang ingin dipublish namun tidak ada kebaharuan atau tema penelitian telalu jadul (jaman dulu).

Jakad sebagai jasa publikasi jurnal berusaha memberi kemudahan bagi author dalam publikasi karya ilmiahnya. Setiap artikel yang akan dipublish, Jakad selalu menekankan untuk review artikel. Review ini bertujuan agar tidak sembarang artikel yang bisa kami terima mengingat publish indeks Scopus sangat ketat.

Review artikel dilakukan oleh tim jurnal Jakad dan dibantu oleh beberapa reviewer lain. Jangka waktu review artikel kurang lebih 3 hari dilihat dari segi kerumitan hasil penelitian dll.

Untuk info penerbitan jurnal internasional silahkan hubungi


08816342567 | 089501698441 | 081298418883

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here