JournalJurnalNews

Syarat Agar Hasil Penelitian atau Essay Ilmiah Dapat Dimuat di Jurnal Ilmiah

Syarat Agar Hasil Penelitian atau Essay Ilmiah Dapat Dimuat di Jurnal Ilmiah

Agar dapat masuk jurnal ilmiah, berikut syarat dan tips yang mesti Anda lakukan:

  1. Pilih jurnal yang tema penelitiannya sesuai dengan tema penelitian Anda. Hati-hati dalam memilih publisher yang Anda tuju. Jangan sampai Anda memasukkan naskah ke dalam predatory journal[1]Untuk mengetahui apakah jurnal yang Anda tuju bukan predatory journal, Anda dapat download Scopus Indexed Journals[2] . Jika publisher yang Anda tuju tidak terdapat dalam list tersebut, ada kemungkinan itu adalah predatory journal.
  2. Cari tahu mengenai aturan publikasi jurnal yang Anda tuju. Tiap jurnal memiliki persyaratan publikasi yang berbeda. Mulai dari aturan berapa jumlah kata dalam abstrak, jumlah kalimat pada tiap section (misal: theoritical background, method, results), jenis huruf dan ukurannya, jumlah halaman naskah, jumlah artikel referensi dan minimal tahun artikel yang dijadikan referensi.
  3. Bagi Anda yang pemula dan ingin mempublikasikan naskah Anda ke jurnal ilmiah internasional, pilih jurnal yang impact factor[3] –nya tidak terlalu tinggi. Karena semakin tinggi impact factor, akan semakin ketat seleksi artikel yang akan di publish dalam jurnal tersebut.
  4. Menulis jurnal bersama dengan tokoh atau dosen Anda yang naskahnya sudah sering terbit di dalam jurnal ilmiah internasional. Masukkan dari mereka akan membantu dan memudahkan Anda untuk dapat juga mempublikasikan naskah di jurnal yang Anda tuju.

_______________________________________________
Ingin publikasi jurnal nasional atau internasional? Silahkan hubungi kami di 08988583601

Catatan Kaki

[1] Predatory open-access publishing – Wikipedia

[2] (PDF) Scopus indexed journals, updated list 2018

[3] Impact factor – Wikipedia

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker