JournalJurnal

Tahapan-Tahapan dalam Melakukan Penelitian Ilmiah

Di dunia akademik, setiap mahasiswa dan dosen tidak akan jauh dari penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah sangat penting karena untuk syarat kelulusan, meningkatkan sebuah pengetahuan dan juga bisa untuk peningkatan karir dosen. Penelitian ilmiah di sini adalah suatu bentuk proses investigasi dari sebuah permasalahan atau fenomena yang membutuhkan analisis data yang lebih akurat, jelas, kongkrit, dan disusun secara sistematis dan tekun juga biasanya penelitian ilmiah ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena dalam memecahkan masalah harus melalui metode ilmiah.

Dalam melakukan sebuah penelitian ilmiah harus mengetahui tahapan-tahapan dahulu untuk melakukan penelitian tersebut. Tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian ilmiah adalah sebagai berikut:

Observe/Observasi
Observe/Observasi adalah pengamatan, yaitu aktivitas untuk mengamati suatu objek dengan maksud untuk memahami suatu pengetahuan tersebut dari sebuah fenomena yang ada saat ini. Tahapan observasi ini adalah tahapan pertama untuk melakukan sebuah penelitian pada objek yang dituju.

Phenomenon/Fenomena
Phenomenon/Fenomena adalah sesuatu yang bisa dilihat, dirasakan oleh pancaindra dan dapat diterangkan dengan analisis ilmiah. Tahap kedua ini dilakukan setelah peneliti melakukan observasi/pengamatan.

Problem/Masalah
Problem/Masalah adalah sesuatu yang belum bisa dipecahkan dan dalam hal ini harus diselesaikan dengan memberikan sebuah jawaban secara sederhana maupun secara analisis. Tahap ketiga ini dilakukan setelah peneliti menemukan sebuah fenomena kemudian peneliti mencari sebuah permasalahan yang ada pada fenomena tersebut dan itu nantinya yang akan diteliti.

Research/Penelitian
Research/Penelitian adalah suatu proses investigasi dari suatu permasalahan atau fenomena yang membutuhkan analisis data yang lebih akurat, jelas, kongkrit dan disusun secara sistematis dan tekun. Tahap keempat ini adalah tahapan inti untuk menganalisis suatu fenomena ataupun permasalahan.

Solution/Solusi
Solution/Solusi adalah suatu bentuk penyelesaian akan sebuah permasalahan/fenomena yang sudah dianalisis oleh peneliti. Dalam tahapan ini, peneliti telah menemukan sebuah jawaban atas permasalahan/fenomena melalui sebuah analisis data.

Demikianlah tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian ilmiah dari tahap pertama yaitu melakukan observasi terlebih dahulu sampai tahap kelima yaitu menemukan solusi. Setiap penelitian harus ada tahap-tahapannya sehingga penyusunannya bisa sistematis dan kongkrit.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi peneliti, mahasiswa, dosen dan masyarakat umum dan bisa menjadikan sebuah tambahan pengetahuan dan informasi dalam melakukan sebuah penelitian ilmiah.

Untuk info publikasi jurnal internasional maupun nasional silahkan hubungi kami di jakadjournal@gmail.com


Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker