JournalJurnal

Target Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi Di Indonesia

Di Indonesia sekarang ini, publikasi jurnal internasional bereputasi sangatlah penting untuk khalayak masyarakat, dosen, peneliti, mahasiswa S3 dan juga untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demi meningkatkan ketersediaan jurnal di Indonesia bentuk usaha pemerintah adalah dengan memberi penghargaan terhadap artikel yang telah dibuat atau telah terbit. Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah diantaranya mengupayakannya melalui program insentif publikasi internasional yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti, lembaga pengelola dana pendidikan kementerian keuangan (LPDP), nilai penghargaan yang diberikan oleh LPDP terhadap publikasi ilmiah internasional mencapai 50-100 juta tergantung kriteria yang dipilih oleh peneliti. Dan setiap institusi yang telah mengalokasikan anggarannya sehingga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi peneliti untuk menulis di jurnal internasional bereputasi dan memacu peningkatan publikasi ilmiah di Indonesia.

Oleh karena itu, perlu diadakan berbagai upaya meningkatkan publikasi Indonesia yang bereputasi internasional. Mengingat di Indonesia banyaknya SDM yang mayoritas jabatan fungsionalnya adalah dosen, peneliti dan mahasiswa S3 yang memiliki kewajiban untuk publikasi di Internasional sebagai persyaratan kenaikan jenjang jabatan dan kelulusan. Disamping itu dosen yang berijazah Master (S2) wajib meningkatkan kemapuan akademiknya hingga memperoleh ijazah doktor (S3) agar dapat mencapai jenjang kepangkatan ke Lektor Kepala. sedangkan untuk mencapai jabatan ke profesor, seorang dosen diharuskan sudah mempunyai ijazah doktor dan publikasi jurnal internasional yang bereputasi.

Pemerintah menargetkan peningkatan jumlah karya ilmiah dosen dan peneliti Indonesia yang yang dipublikasikan di jurnal Internasional bereputasi. Tahun 2016, jumal publikasi dosen dan peneliti di jurnal internasional sekitar 10.000 publikasi. Hal ini terlalu sedikit jika dibandingkan dengan SDM yang mayoritas jabatannya sebagai dosen, peneliti dan mahasiswa S3. Target realistisnya pada tahun 2019 adalah jumlah publikasi ilmiah yang bereputasi internasional harus lebih dari 30.000 publikasi.

Demikianlah artikel tentang target publiaksi jurnal internasional bereputasi di Indonesia semoga bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan sumber informasi. Semoga bisa bermanfaat untuk civitas akademik, khususnya mahasiswa S2 dan S3 untuk syarat kelulusan dalam kurikulum perkuliahan.

Terima kasih.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker