BookBuku

Teknik-Teknik Menulis Dalam Karya Tulis

Dalam menulis sebuah karya tulis, ada beberapa teknik menulis yang menjadi panduan untuk mahasiswa, penulis, maupun dosen untuk mengembangkannya. Dalam teknik penulisan pertama, ada teknik menulis parafrasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, parafrasa adalah pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi yang lain tanpa mengubah pengertian. Dalam hal ini, parafrase adalah menulis kembali suatu bacaan yang kita lihat dari sumber yang valid dengan menggunakan kata-kata kita sendiri tanpa mengubah makna atau pengertiannya. Dalam karya tulis tidak lepas dari pengambilan pendapat orang lain yang dianggap valid dan telah dipublikasikan dalam bentuk artikel, buku, dan penelitian. Pengambilan pendapat tersebut biasanya dicantumkan pada BAB II berupa landasan teori. Hal ini dianggap sah apabila didasarkan pada aturan atau pedoman penulisan yang berlaku.

Teknik penulisan kedua ada kutipan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri, dalam kata lain penulis dapat menulis ulang terhadap bahan bacaan atau pustaka yang telah dibaca. Bahan bacaan atau pustaka yang digunakan harus bisa dipertanggungjawabkan dalam kegiatan menulis ulang tersebut.

Teknik penulisan ketiga ada ringkasan, adalah mengambil pendapat dengan mengubahnya menjadi bentuk singkat. Dalam hal ini, ringkasan adalah mengambil suatu bacaan atau memangkas bacaan yang panjang menjadi penyajian karya tulis yang singkat dengan tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli.

Ketiga bentuk pengambilan yang digunakan dalam teknik menulis di atas selalu mencantumkan identitas sumber pada bagian akhir penulisan yang disebut catatan kaki. Catatan kaki merupakan catatan pendek berisi keterangan tambahan atas bagian tertentu dari teks karangan yang ditempatkan pada bagian bawah atau kaki halaman.

Demikianlah artikel tentang teknik-teknik menulis dan perbedaan antara parafrasa, kutipan,  dan ringkasan. Semoga bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan sumber informasi. Semoga bisa bermanfaat untuk penulis, sastrawan, masyarakat umum maupun civitas akademik, baik itu dosen atau mahasiswa.

Terima Kasih.

Sumber:
Buku Bahasa Indonesia 2 SMA Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker