BookNews

Tidak Butuh Latar Belakang, Tapi Bisa Go International

Kebanyakan dari kita berfikir bahwa untuk bisa menulis harus memiliki latar belakang atau bakat yang mumpuni. Hasil tulisan yang dihasilkanpun juga harus mempunyai kualitas yang baik, namun faktanyanya buku-buku best seller international yang wara-wiri di Amazon.com adalah buku-buku dari penulis yang dahulunya tidak terkenal sama sekali.

Kisah lain berangkat dari Imrah Ahmad, yakni seorang muslim imigran Pakistan yang hidup dinegara Inggris. Saat itu ia menawarkan bukunya ke penerbit, namun beberapa penerbit justru banyak yang meragukan dirinya, hingga pada akhirnya Aurum Press berminat menerbitkan bukunya. Bukunya dalam waktu yang singkat yang berjudul Unimagined langsung melejit menjadi No. 1 best seller 2009 di The Byron Bay Writers Festival.

Sekarang kita beralih ke Indonesia, bagaimana dengan penulis Indonesia? Kalau boleh jujur, untuk penulis Indonesia pada saat ini sudah mulai punya nilai dan dihargai. Andrea Hirata adalah salah satu penulis yang mulai diperhitungkan di kancah dunia. Tidak hanya Andrea, penulis lainnya juga sudah beralih dan mulai memilih kiprah di kancah luar negeri. Karya dari Kang Abik juga banyak diburu di negeri serumpun. Mereka yang bisa mengecap manisnya madu best seller di luar negeri ini juga dulunya juga bukan siapa-siapa. Dahulu, tidak seorangpun yang tahu bahwa Andrea Hirata adalah karyawan Telkom. Meskipun ia telah mendapatkan bea siswa di luar negeri, hanya orang-orang tertentu saja yang mengikui sejarah sepak terjang Andrea. Sekarang, ketika bukunya sudah meledak, semua orang menjadi tahu siapakah Andrea Hirata.

Jadi, siapapun Anda, dari manapun latar belakang anda, semua bisa menjadi penulis. Karya yang anda hasilkan tergantung bagaimana kemauan serta tekad anda. Nah, kali ini kami akan berbagi tips bagaimana untuk bisa menjadi penulis yang Go International tanpa mempertimbangkan bagaimana latar belakang anda.

Tips :

  1. Yakinkan pada diri anda sendiri, bahwa latar belakang hanya bagian masa lalu yang akan memperkaya kita dalam penulisan.
  2. Coba lihat diri anda sendiri pada sebuah cermin dan katakana dengan keras, saya bisa menjadi penulis, saya hebat, dan saya bisa menaklukkan dunia dengan tulisan saya.
  3. Perbanyaklah membaca biografi penulis. Maka kita akan bisa membandingkan bagaimana latar belakang kita dengan mereka, kalau boleh dicompare mungkin latar belakang dan kesulitan kita tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan mereka.
  4. Terakhir mulailah menulis dan lupakan latar belakang anda.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker