BookNews

Tidak Suka Membaca Tapi Ingin Menjadi Penulis; 4 Tips untuk Mengatasi Kendala Membaca

Ketika Anda membaca ini tentu sedang mengalami fase ingin menulis namun tidak hobi membaca, betul kan?

Selamat anda sudah mengetahui apa yang sebenarnya menjadi musuh terberat dalam menulis. Alasan-alasan apa yang Anda kemukakan agar mendapat pemakluman untuk menulis? Pastikan bahwa Anda dapat mengatasi segala kendala tersebut.

Bukan Anda yang mengalami kendala dalam menulis, sejumlah customer Jakad Media juga pernah mengeluh tentang hal yang sama. Menulis dan membaca adalah paket yang tidak bisa terpisahkan begitu saja. Keduanya saling bersinergi dan saling melengkapi. Saya tidak pernah percaya bila ada seorang penulis berbicara: saya tidak membaca, tapi bisa menulis. Karena pada dasarnya, menulis itu membutuhkan bahan-bahan dan ide yang harus dipersiapkan sebelumnya. Kalaupun ada penulis yang berhasil menulis tanpa membaca, pasti kualitas tulisannya jauh di bawah orang-orang yang menulis buku dengan banyak referensi bahan bacaan. Untuk membuat sebuah buku, harus membaca lebih kurang dua puluh buku yang memberi banyak inspirasi, kemudian dikombinasikan dengan pemikiran sendiri.

Begitupun dengan menulis novel, buku ajar, buku referensi, buku teks dan jenis buku lainnya. Berjibaku dengan bahan-bahan observasi harus terus menerus dibaca. Jika anda memiliki kendala dalam membaca ikuti tips berikut ini:

  • Sesuaikan bahan bacaan dengan buku yang ingin Anda tulis. Misal, Anda ingin sekali membuat buku bisnis, mulailah dari sekarang membaca buku-buku yang berhubungan dengan bisnis.
  • Bila sulit membaca buku yang tebal-tebal. Mulailah membaca buku berjenis kumpulan tulisan. Buku yang isinya beberapa artikel dijadikan satu dan dibuat buku akan mempermudah kita membaca bagian-bagian yang kita senangi.
  • Cari posisi nyaman ketika membaca. Posisi yang nyaman dalam membaca membuat kita lebih betah berjibaku dalam buku. Carilah tempat duduk yang nyaman dengan semilir angin sepoi-sepoi dan sedikit kudapan kecil. Suasana yang nyaman dan rileks akan membuat kita semakin mencintai buku dan terus membacanya.
  • Ikuti organisasi atau komunitas membaca. Organisasi atau komunitas membaca tidak semonoton namanya.

Demikian beberapa tips untuk Anda yang terkendala membaca dan punya keinginan kuat untuk menulis, mulai sekarang jangan ragu dan mulai dari awal.

____________________________________________________________________________

Bila Anda memiliki naskah/tesis/disertasi/penelitian dan ingin diterbitkan menjadi sebuah buku, silahkan hubungi kami di 08988583601

Atau email ke jakadmedia@gmail.com

____________________________________________________________________________

Sumber : Syamsa Hawa & Irawan Senda (88 kiat menjadi penulis hebat)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker