JurnalNews

Tips Agar Jurnal Cepat Terpublikasi

Adapun yang perlu diperhatikan saat akan melakukan publikasi atas jurnal yang telah di kerjakan. Maka dari itu, perlulah untuk melakukan hal-hal sebagai berikut agar jurnal cepat terpublikasi antara lain:

  • Tampilkan masalah/problem penelitian yang memiliki implikasi besar

Paper yang di submit ke jurnal ilmiah bukanlah hal yang remeh temeh sebab penting bagi penulis untuk memperhatikan secara detail masalah yang akan diangkat sebagai judul penelitian jurnalnya sebab hal ini yang akan menjadikan penelitian kita berkualitas.

  • Tunjukkan konstribusi atas riset

Dalam hal ini, kita dapat menunjukkan riset yang dilakukan dan pembaharuan riset yang dilakukan dan to the point/ secara gamblang di tunjukkan dalam abstrak jurnalnya.

  • Tunjukkan perbedaan riset dengan riset yang sudah ada

Dalam hal ini, bisa juga melakukan analisis komparasi terhadap penelitian/ riset yang sudah ada dengan menggunakan table dan dengan cara lainnya.

  • Hindari kesalahan tulis dan tata bahasa

Pada point ini, penulis perlu memperhatikan bahasa nggris yang digunakan yaitu menggunakan level native speaker, harus sempurna tidak ada kesalahan ketik (typo) dan kesalahan grammar. Common sense bahasa inggris harus jalan. Perhatikan penggunaan tense yang berbeda untuk bagian yang berbeda pula misalnya introduction: menggunakan present tense/ past tense. Method: menggunakan past tense, result: menggunakan past tense. Saran dari kami, sangat penting bagi penulis untuk menyewa proofreader/ orang yang mengoreksi artikel secara professional jika tidak percaya diri untuk mengurus publikasi jurnalnya.

  • Tampilkan informasi baru di bagian pendahuluan dengan sintesis literatur

Pada bagian introduction, tunjukkan kontribusi riset dalam artikel dengan melakukan sintesis terhadap literatur yang telah ada sehingga pembaca terbantu untuk memahami konteks riset yang dimaksudkan.

  • Ikuti kriteria review secara ketat

Pahamilah maksud dari reviewer dan jangan sampai ada yang terlewat karena ini juga bagian terpenting agar dapat mempublikasikan artikel menjadi jurnal dengan tata bahasa secara teknis dan substansinya.

  • Diskusikan hasil penelitian anda dengan baik

Penulis perlu menyiapkan diskusi secara komprehensif terhadap hasil penelitiannya. Diskusikan hasil dengan melakukan komparasi hasil riset sekarang dengan yang sebelumnya. Tunjukkan hal yang menarik untuk komunitas di bidang yang dikuasai, karena memang hal yang paling sulit dari semua proses penulisan adalah harus bisa menghubungkan prior knowledge dari hasil membaca literatur secara masif dan hasil analisis kita. Memang semua itu kembali kepada reviewer-nya masing-masing sebab jika niatnya untuk meningkatkan kualitas paper yang masuk, maka mereka akan berusaha menggali berbagai kemungkinan untuk memperluas diskusi dari penelitian yang telah ditampilkan.

  • Kuasai seni saat menjawab pertanyaan reviewer

Dalam hal ini, perlu diketahui permintaan reviewer yang bersifat substansial. Tidak semuapermintaan harus dipenuhi karena bisa jadi permintaan tersebut tidak menambah bobot riset yang dibuat melainkan hanya menambah halaman paper.  Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat fokus dengan masalah yang dihadapi dalam paper ini sehingga tidak melebar kemana-mana. Karena terkadang pertanyaan reviewer ini malah membuat kita semakin bingung dan jadi tidak fokus.

  • Pahami topik

Dengan cara ini maka penulis harus paham betul dengan jurnal yang sesuai dengan yang ditargetkan. Ikutlah untuk terus berkontribusi dan mengawasi secara berkala paper yang telah dibuat supaya editor in chief paham bahwa topik kita relevan dengan topik jurnalnya.

  • Berdoa

Usaha terakhir yang perlu dilakukan adalah berdoa, karena di setiap usaha yang telah dilakukan pasti kita telah ikhtiar untuk mewujudkan tujuan sehingga inilah menjadi jalan satu-satunya agar review yang diterima adalah yang bersifat membangun bukan yang menghambat publikasi kita.

_________________________________________________________________________

Ingin publikasi jurnal nasional atau internasional? Silahkan hubungi kami di sini

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker