BukuNews

Tips & Trik Menyimpan Banyak Ide Untuk Menulis


Dalam perjalanan hidup kita sering menemukan orang yang memiliki banyak ide, tetapi tidak pernah bisa merealisasikan idenya sampai selesai. Perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Memiliki banyak ide, tetapi sampai sekarang belum terealisasi juga.

Jika ingin ide terealisasi dengan baik, kita harus berkorban waktu, tenaga, dan pikiran untuk menyelesaikan ide tersebut, hingga akhirnya menjadi sebuah karya nyata. Bisa juga dengan cara membuat suatu perjanjian dengan diri sendiri agar menyelesaikan ide menjadi sebuah karya tulis yang baik dan dapat diminati banyak orang.

  • Memiliki ide seketika, tapi suka lupa ide saya yang terdahulu

Setiap orang memiliki tingkat dan daya ingat yang berbeda-beda. Ada yang dikaruniai kelebihan mengingat ide yang luar biasa, tetapi tidak sedikit yang memiliki kemampuan membuat ide banyak, tetapi minus mengingat ide. Banyak dari kita tidak mencatat ide, hingga akhirnya ketika orang lain merealisasikan ide yang sama persis, baru kita menyesalinya.

Beri tanggal penemuan ide yang didapatkan. Setelah itu ceritakan tentang penggambaran ide kita. Dalam penceritaan ide tidak ada batasan paragraph, yang terpenting adalah kemampuan kita mengeksplor ide lebih dalam lagi. Setelah itu, buatlah ancang-ancang kapan waktu yang tepat untuk membuat outline.

  •  Mengembangkan ide agar lebih terarah

Prinsip dasar dalam mengembangkan ide adalah berpikir konvergen (memfokuskan pemikiran pada sesuatu, baik itu objek maupun aktivitas). Tingkatkan focus pada sesuatu yang ingin direalisasikan. Bisa dengan membaca buku-buku yang laris di pasaran. Kemudian, melihat gagasan pemikiran dan pola yang ada pada pemikiran penulisan, hingga akhirnya mereka bisa merealisasikan bukunya hingga selesai. Setelah dipelajari polanya, kemudian merancang pengembangan-pengembangan pada setiap bab yang akan dituliskan nantinya. Dari sinilah pengembangan ide dapat berkembang dan tumbuh lebih cepat lagi.

  • Mengakuisisi pengalaman orang lain sebagai ide dalam penulisan buku

Rata-rata hamper semua buku yang best seller di Indonesia adalah hasil dari pengalaman orang lain atau bahkan dirinya sendiri. Sekarang tinggal bagaimana kita mengemas pengalaman orang lain menjadi sebuah tulisan.

Bila Anda memiliki naskah/tesis/disertasi/penelitian dan ingin diterbitkan menjadi sebuah buku, silahkan hubungi kami di 08988583601

Atau email ke jakadmedia@gmail.com

____________________________________________________________________________

Sumber : Syamsa Hawa & Irawan Senda (88 kiat menjadi penulis hebat)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker