JournalNews

Trik Jitu Publikasi Jurnal Internasional

Jurnal Internasional akhir-akhir ini sering dibicarakan di kalangan akademisi. Sebagai wujud dalam mengembangkan riset, para peneliti berlomba-lomba untuk publikasi jurnal internasional. Jurnal internasional tidak sekedar artikel yang diterbitkan begitu saja, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu karya ilmiah yang diterbitkan dan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan, memiliki ISSN, ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok), memiliki terbitan versi online, dewan redaksi (Editorial Board) yang pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara, artikel ilmiah yang diterbitkan dalam satu nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari dua negara, dan terindeks oleh database internasional seperti Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search atau bahkan laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.

Seperti yang kita tahu, bahwa menerbitkan jurnal internasional tidak sembarangan dan ada beberapa tahap sebelum jurnal di submit sampai jurnal diterima oleh pihak publisher. Berikut ada beberapa trik dan tips bagi Anda yang ingin publikasi jurnal internasional:

  • Pahami Tema Penelitian Jurnal

Mengetahui bidang penelitian memang perlu sebelum melakukan publikasi jurnal, karena banyak publisher yang menawarkan masing-masing bidang ilmu. Pastikan bahwa penelitian yang kamu lakukan bukan penelitian basi atau jadul. Namun penelitian atau penemuan terbaru.

  • Membuat Draft Publisher Jurnal

Jika sudah mengetahui tema penelitian, buatlah draft publisher jurnal. Pastikan publisher yang akan dituju sesuai dengan bidangmu. Jika kamu meneliti pada cabang ilmu biologi maka carilah publisher yang menerbitkan jurnal bertema tentang biologi. Karena banyak kesalahan fatal peneliti yang salah memasukkan jurnal ke publisher.

  • Perhatikan Penggunaan Bahasa

Bahasa dalam penelitian tidaklah sama dengan bahasa keseharian, pastikan selalu mengoreksi tulisan dan bahasa yang digunakan agar mudah dimengerti. Bayangkan jika kamu di posisi pembaca. Jika belum menguasai bahasa asing seperti bahasa inggris, Anda bisa menggunakan jasa translator.

  • Ikuti Sistematika Penulisan Jurnal

Ikuti sistematika penulisan dari publisher, setiap publisher mempunyai sistematika yang berbeda. Minimal Anda perlu menggunakan format dasar penulisan jurnal. Dikatakan jurnal yang lengkap adalah jurnal yang di bagian dalamnya memiliki kelengkapan. Mulai dari isi, kelengkapan data, grafik dan gambar jika ada. Buatlah format selengkap dan sebaik mungkin. Karena semakin lengkap semakin peluang jurnal Anda terpilih, anda bisa mencari di interner atau bisa menggunakan jasa Jakad Journal.

______________________________________________________________________

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam editing atau publikasi jurnal, silahkan hubungi Jakad Jurnal melalui e-mail atau whatsaap di nomor berikut 081216102031

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker