Pedoman Daftar Pustaka

Share :

Pedoman Daftar Pustaka

 

Pedoman Daftar Pustaka

 

Daftar pustaka menjadi salah satu substansi penting baik dalam artikel ilmiah maupun buku. Dalam sebuah karya ilmiah baik buku maupun jurnal harus mempunyai sumber kepustakaan, hal ini digunakan guna membuktikan sebuah karya ilmiah tidak hanya ditulis berdasarkan opini pribadi penulis, fungsi lain daftar pustaka. Dalam Pedoman daftar pustaka dapat berisi dari jurnal, buku, maupun sumber-sumber yang lainnya yang relevan. 

Aturan Penulisan Daftar Pusta

Berikut pedoman daftar pustaka secara umum dalam buku maupun jurnal sebagai berikut:

Nama

Pertama, dalam penulisan daftar pustaka yang dicantumkan yakni nama penulis. Nama belakang atau nama keluarga ditulis terlebih dahulu dan diikuti tanda koma (,). setelah itu sertakan nama depan dan tengah. Jika terdapat lebih dari satu penulis, untuk penulis berikutnya nama penulis tidak perlu ditulis terbalik.

Tahun Terbit

Penulisan tahun terbit buku maupun jurnal referensi dituliskan setelah penulisan nama penulis. Antara nama penulis dan tahun terbit dipisahkan tanda titik (.). 

Judul Buku 

Judul buku atau jurnal referensi ditulis dengan format italic (miring). Penulisan nama judul ditulis pada urutan setelah tahun terbit. 

Kota dan Nama Penerbit 

Terakhir dalam penulisan daftar pustaka adalah kota penersitan dan nama penerbit (publisher). Penulisan pada bagian ini nama kota ditulis terlebih dahulu diikuti dengan nama penerbit, di antara keduanya dibatasi dengan tanda titik dua (:).  

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku:

Judul: Modul Ajar PLKH Litigasi & Non Litigasi

Penulis: Siti Munawaroh,SH., MH.

Penerbit: Jakad Publishing

Kota Penerbit: Surabaya

Tahun Terbit: 2018

Cara Penulisan:

Munawaroh, Siti. 2018. Modul Ajar PLKH Litigasi & Non Litigasi. Surabaya: Jakad Publishing

Promo Paket Cepat Terbit

Penulisan Daftar Pustaka dari Makalah, Artikel dan Skripsi

 

Penulisan daftar pustaka dari artikel dalam jurnal tidak jauh berbeda dari daftar pustaka bersumber dari buku. Daftar pustaka yang berasal dari artikel memuat judul jurnal, judul artikel, penulis, penerbit, kota terbit, tahun terbit. Hal yang membedakan yakni dalam penulisan judul tidak ditulis menggunakan format italic, melainkan tegak lurus dengan menambahkan tanda kutip (“) pada bagian awal dan akhir judul. Pada kutipan nomor halaman artikel yang dikutip menggunakan  tanda kurung (…).

Judul Jurnal: Journal of Multidisciplinary Research

Judul Artikel: The Case Report of a Covid-19 Patient With Late Diagnosis of HIV

Penulis: Desdiani 

Penerbit: Jf Publisher

Kota Terbit: Surabaya

Tahun Terbit: 2023

Cara Penulisan:

Desdiani. 2023. “The Case Report of a Covid-19 Patient With Late Diagnosis of HIV” dalam Journal of Multidisciplinary Research Volume 1 (hlm. 1-8)

 

Jika Anda ingin mencari buku bacaan atau buku referensi untuk pembelajaran kunjungi sosial media kami @jakadmediastore, kami menyediakan jasa publikasi buku untuk informasi lebih lanjut hubungi 081230444797

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.