Pentingnya Memahami dan Mengelola Literasi Digital

Share :

 

Pentingnya Memahami dan Mengelola Literasi Digital

 

Literasi digital berkaitan dengan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan teknologi serta memahami informasi yang ditemui di dunia maya. Keberadaan literasi digital sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dapat mempermudah saat mencari informasi, berkomunikasi, dan juga melindungi diri dari ancaman dunia maya. Siapapun dapat membuka pintu menuju berbagai peluang dan pengetahuan baru yang ada di internet. Pentingnya memahami dan mengelola literasi digital

Literasi digital memiliki banyak manfaat yang sangat penting. Salah satu keuntungannya yakni literasi digital tidak dapat diabaikan karena dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi. Berikut keuntungan-keuntungan lain yang didapatkan dari literasi digital:

1. Kemudahan akses informasi

Kemudahan akses informasi melalui literasi digital telah membawa manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita saat ini. Dulu, untuk mendapatkan informasi, kita harus mencari buku atau bertanya kepada orang lain. Namun, dengan adanya literasi digital, informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui internet.

2. Komunikasi yang efektif

Literasi digital melibatkan pemahaman tentang bagaimana menggunakan perangkat dan aplikasi digital, serta kemampuan untuk mengevaluasi dan memilah informasi yang ditemukan online. Dengan literasi digital yang kuat, seseorang dapat berkomunikasi dengan lebih efektif melalui media sosial, email, atau platform komunikasi lainnya.

3. Pemanfaatan teknologi secara optimal

Literasi digital mengacu pada kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan teknologi secara optimal yang mana memberikan banyak manfaat bagi individu maupun masyarakat.

Adapaun definisi literasi secara harfiah berarti kemampuan membaca dan menulis. Seorang pembaca yang memiliki kemampuan literasi secara otomatis terlibat dalam bidang seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, dan politik. Berikut penjelasan literasi digital menurut para ahli:

1. Paul Gilster

Istilah literasi digital diungkapkan pertama kali oleh Paul Gilster pada tahun 1997 dalam buku berjudul Digital Literacy. Literacy in the digital age, kalimat sederhana tersebut diungkapkan oleh Gilster dalam bukunya.

2. UNESCO

UNESCO menjelaskan bahwa literasi digital merupakan upaya memahami perangkat teknologi komunikasi dan teknologi. Fokus literasi digital pada kemampuan teknis yang sifatnya untuk mengembangkan pelayanan publik berbasis digital.

3. National Institute for Literacy

National institute for literacy berpendapat bahwa literasi merupakan bentuk kemampuan dalam memecahkan masalah pada tingkat permasalahan yang berbeda-beda.

Baca juga alasan artikel ditolak publisher jurnal untuk menambah referensi bacaan Anda. Klik link berikut

 

Jika kamu ingin cari buku bacaan atau buku referensi untuk pembelajaran, kunjungi sosial media kita di @jakadmediastore atau @jakadmedia. Kami menyediakan jasa publikasi buku, untuk informasi lebih lanjut mengenai paket terbaru kami dan informasi lainnya hubungi +62 898-8583-601

 

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.