Pentingnya Membaca Buku, ini 5 Manfaatnya!

Share :

Pentingnya Membaca Buku, ini 5 Manfaatnya!

5 Manfaat Membaca Buku

 

Memanfaatkan waktu luang dengan membaca buku merupakan kegiatan yang menarik, karena dapat mengisi waktu luang dan menambah wawasan. Selain itu, membaca buku juga membuat pikiran kita lebih terbuka serta dapat meningkat kualitas memori otak kita.

Namun, minat membaca buku dikalangan masyarakat semakin menurun. Beberapa penyebab menurunnya kegiatan membaca buku di masyarakat, dikarenakan kesibukan dalam kegiatan sehari-hari, serta perkembangan ilmu teknologi informasi yang pesat.

Selain beberapa manfaat diatas, membaca buku memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui, berikut 5 manfaat dari membaca buku yang perlu kita ketahui:

1. Meningkatkan Kualitas Memori

Manfaat dari kegiatan membaca buku adalah meningkatkan kualitas memori. Menggunakan buku sangat efektif untuk meningkatkan kualitas pikiran dan meningkatkan kualitas memori. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas memori adalah dengan membaca buku. Kebiasaan membaca buku dapat memengaruhi semua ingatan dan membantu memperkuat otak. Seseorang yang memiliki kebiasaan membaca buku dapat berkonsentrasi lebih baik dan memiliki pikiran yang lebih fokus.

2. Melatih Kemampuan Menganalisis

Kebiasaan membaca buku juga dapat melatih kemampuan menganalisis masalah dan berpikir kritis. Pemecahan masalah adalah keterampilan analitis penting yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini ditemukan saat membaca buku, ketika pembaca memahami alur cerita dan mencoba memprediksi dan menganalisis bagaimana cerita akan diceritakan dan bagaimana konflik buku akan diselesaikan.

3. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Selain untuk melatih kemampuan menganalisis, terbiasa membaca buku juga dapat meningkatkan keterampilan menulis. Semakin sering kita membaca buku, maka semakin banyak wawasan dan inspirasi yang kita miliki, terutama jika kamu adalah seorang penulis, maka kegiatan membaca dapat menjadi sumber inspirasi untuk menulis. Kebiasaan membaca buku dapat memberikan kosa kata baru yang dapat digunakan dalam menulis. Agar mengetahui cara menulis yang baik dan benar serta memahami banyak informasi, kita harus memiliki kebiasaan membaca buku.

4. Meningkatkan Daya Ingat Memori

Membaca buku juga mampu meningkatkan daya ingat memori pada manusia. Karena saat membaca, otak tidak hanya menerjemahkan kata, tetapi ilmu saraf manusia mampu mengolah gambar terutama saat membaca. Kemudian pada bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol penglihatan dan bahasa, bekerja untuk mempermudah, memahami dan mengingat sesuatu. Seperti, pada saat kita membaca cerita fiksi yang menciptakan karakter dan elemen atau plot yang berbeda untuk setiap cerita. Setiap ingatan pasti membantu seseorang untuk membangun daya ingat memori dalam otak.

5. Membantu Mengurangi Stress

Manfaat terakhir dari membaca buku adalah membantu mengurangi kesehatan otak dan mental, dengan terbiasa membaca buku dapat mengurangi kemungkinan seseorang untuk mengalami stress. Membaca buku dapat menghambat perkembangan hormon stress akibat aktifitas yang melelahkan. Membaca dapat menenangkan dan menyejukkan pikiran. Merasa tenang dan damai menjadi dambaan setiap orang, hal ini dapat dilakukan selain dengan relaksasi juga dapat dilakukan dengan membaca.  Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of College Teaching and Learning menunjukkan kebiasaan membaca minimal 30 menit dapat menurunan perasaan bahkan tekanan darah tinggi.

Ternyata banyak sekali manfaat dari kegiatan membaca buku, salah satunya adalah untuk meningkat kualitas memori otak dan mengurangi tingkat stress. Oleh karena itu kegiatan membaca buku ini penting untuk dilakukan. Jika kamu ingin membaca buku untuk menambah wawasan, kamu bisa mengunjungi media sosial kami di @jakadmediastore. Kami juga menyediakan jasa untuk menerbitkan dan mencetak naskah menjadi buku. Jika kamu memerlukan jasa penerbit buku untuk menerbitkan naskah tulisanmu, segera hubungi 081230444797 atau www.jakad.id.com.

 

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Publikasi Jurnal Ilmiah

 

Penulis : Diana M.

 

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.