Tips Agar Penulis Tetap Fokus, Yuk Cobain!

Share :

 

Tips Agar Penulis Tetap Fokus, Cobain Yuk!

 

5 Tips Agar Penulis Tetap Fokus, Yuk Cobain!

 

Sebagai penulis terkadang kita masih sering mengalami kesulitan membagi fokus, sehingga sering kali naskah terlambat selesai. Oleh karena itu, sebagai penulis kita memerlukan beberapa cara agar tetap fokus dalam menulis. Berikut adalah 5 tips agar penulis tetap fokus dalam menulis :

  1. Mengetahui waktu produktif untuk menulis

Tips pertama agar penulis tetap fokus adalah dengan mengetahui waktu produktifmu. Menulis tidak harus dilakukan setiap saat apalagi jika Anda memiliki kegiatan yang lain. Hanya cukup menyisihkan waktu satu jam atau beberapa jam saja setiap hari pasti akan membuat Anda konsisten dalam menulis.

Hal ini adalah kesempatan bagus untuk merencanakannya. Anda dapat membagi waktu menulis menjadi beberapa periode dengan jumlah hari yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya boleh saja kalau Anda hanya bisa menulis di akhir pekan, tetapi pastikan dalam berapa jam Anda sudah mendapatkan beberapa halaman dan berapa kata. Anda dapat memutuskan kapan waktu paling produktif (malam atau pagi) selama tujuan menulis sudah jelas.

  1. Menulis di tempat baru untuk menambah ide

Pilihlah lokasi yang tepat untuk mendapatkan ide ketika sedang menulis. Cari tempat baru jika Anda sudah bosan di tempat kamu biasa menulis. Jika Anda suka menulis dengan tenang dan perlu berkonsentrasi, Anda bisa memilih menulis di area rumah atau kamar tidur. Namun jika ingin kamu ingin menulis dengan menyegarkan pikiran tanpa takut terganggu, Anda bisa pergi ke café dan kedai kopi untuk mendapatkan suasana baru dalam menulis.

  1. Tetapkan Tujuan Menulis

Tetapkan tujuan untuk memotivasi diri sendiri. Anda dapat memulai dengan menentukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menulis dan menyelesaikan naskah, lalu menentukan tujuan selanjutnya untuk mengirim naskah yang sudah selesai ditulis, serta tujuan lain yang diperlukan dalam menulis. Cobalah untuk menulis hanya satu bab sehari. Akan sulit jika Anda harus menulis banyak bab dari buku yang berbeda. Pada akhirnya naskah itu tidak pernah selesai. Jika Anda bisa melakukan, hasilnya tidak akan bagus.

  1. Gunakan outline untuk mencatat

Bagi penulis pemula sangat disarankan untuk menggunakan outline dalam mencatat tulisan. Tetapi hal ini kembali pada proses kreatifmu sendiri, jika kamu sering kehilangan arah dalam menulis maka penggunaan outline ini sangat diperlukan untuk membantu tulisanmu agar cepat selesai. Jika suatu saat Anda perlu istirahat garis besar akan membantu Anda memulai lagi tanpa harus membaca atau memulai kembali.

  1. Mematikan Smartphone Agar Penulis Tetap Fokus

Smartphone adalah salah satu hal yang dapat membuat kita kurang termotivasi untuk menulis. Karena kebiasaan kita scrolling media sosial, secara tidak langsung dapat memperlambat proses kreatif. Sebaiknya nonaktifkan smartphone sebelum Anda mulai untuk menulis.

Cara lain untuk fokus menulis adalah dengan mematikan internet. Kumpulkan materi yang digunakan sebagai bahan untuk menulis sebelumnya dan jauhi smartphone serta internet saat Anda mulai menulis. Tulisan Anda pasti akan segera selesai jika fokus pada tulisan dan tidak sibuk bermain smartphone.

Nah itu lah beberapa tips yang dapat Anda lakuka agar tetap fokus menulis, serta membantu naskah Anda untuk bisa cepat selesai dan cepat untuk terbit. Jika Anda memerlukan jasa penerbit buku untuk menerbitkan naskah tulisan, segera hubungi 08988589601 atau www.jakad.id.com.

Baca Juga : Tips Dan Trik Penulisan Alamat Surat

 

Penulis : Diana M.

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.