9 Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Menunda Menulis

Share :

 

9 Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Menunda Menulis

Jika Anda seorang penulis dan  sering menunda-nunda, berikut cara menghilangkan kebiasaan menunda-nunda yang penting untuk diketahui. Ini mungkin tidak menjadi masalah jika Anda tidak memasukkan tulisan ke dalam jadwal Anda. Namun, seringkali merupakan kebiasaan untuk mengabaikan penundaan awal.

Maka Anda akan merasa tidak apa-apa untuk menundanya untuk kedua kalinya, ketiga kalinya, dan lebih banyak lagi.Bagi penulis profesional, kebiasaan ini bisa menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Oleh karena itu,  ada baiknya segera mencari solusi terbaik sebelum terlambat. Malas menulis terjadi ketika seorang penulis  sering menunda menulis. Selain itu, menunda karier menulis Anda akan menimbulkan kebiasaan yang dapat berdampak negatif. Baik bagi penulis maupun organisasi pendukung lainnya, maupun penerbit. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi masalah ini.

Di bawah ini beberapa solusi atau cara menghilangkan kebiasaan menunda-nunda menulis agar tidak menjadi kebiasaan.

 1. Tingkatkan selalu kemampuan menulis anda.

Jika Anda sudah mengetahuinya maka akan lebih mudah untuk mencari solusinya dan permasalahan pun akan cepat teratasi. Khusus bagi mereka yang ingin karyanya disukai dan dibaca oleh orang yang tidak ditentukan jumlahnya. Atau mungkin karena saya kurang percaya diri dengan tulisan saya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa lebih meningkatkan kemampuan menulis Anda. Misalnya  mengikuti kursus menulis, mendapatkan jasa konsultasi menulis dari penerbit, atau bergabung dalam komunitas. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menulis dan meningkatkan kesadaran Anda bahwa karya Anda bagus. Ini akan membantu Anda terus menulis dengan lebih antusias.

2. Rajin Membaca 

Cara kedua untuk menghentikan kebiasaan menunda-nunda menulis  adalah dengan rajin membaca. Jika penyebab kemalasan Anda dalam menulis karena kurangnya pengetahuan dan wawasan, Anda bisa memilih solusi ini. Saat memilih  topik untuk menyiapkan makalah, Anda perlu memahami topik tersebut. 

Bagaimana saya harus memahaminya? Yakni dengan membaca dan mempelajari referensi yang relevan. Artinya semakin banyak Anda membaca, semakin banyak topik yang Anda pahami. Dengan cara ini Anda dapat menangani topik lebih lanjut dengan percaya diri. Kebiasaan menunda-nunda menulis akan hilang dengan sendirinya.

3. Kembangkan Ide-Ide Tulisanmu, Walaupun Sederhana dan Biasa – Biasa Saja.

Salah satu alasan  orang terbiasa menunda-nunda menulis adalah karena besar, hebat, tidak biasa, atau sebaliknya. Tidak ada yang salah dengan hal itu, karena ide menulis yang bagus juga akan menghasilkan pekerjaan yang bagus. Namun jangan lupa bahwa banyak penulis yang berhasil menciptakan karya hebat dari ide-ide sederhana dan lumrah. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tulisan, seperti gaya penulisan dan deskripsi tokoh.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih ide tulisan yang sederhana dan umum.Langkah kecil ini terbukti menjadi cara yang sangat efektif untuk menghentikan kebiasaan menunda-nunda menulis.

4. Melakukan Berbagai Aktivitas 

Cara mengatasi kebiasaan menunda-nunda  menulis selanjutnya adalah dengan melakukan berbagai aktivitas. Anda mungkin perlu memenuhi tenggat waktu untuk menyelesaikan  naskah Anda sampai Anda memiliki waktu seminggu penuh untuk menulis.

Namun jika terlalu lama dapat menimbulkan rasa bosan dan menunda-nunda menulis. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan berbagai aktivitas. Lakukan beberapa aktivitas sehari-hari seperti memasak, berkebun, dan sesekali berlibur  agar tidak bosan dengan menulis yang biasa-biasa saja.

5. Menentukan Jadwal Menulis yang Teratur.

Cara kelima untuk menghentikan kebiasaan menunda-nunda menulis adalah dengan mengatur jadwal. Biasakan membuat jadwal harian sehingga Anda tahu persis apa  yang akan Anda lakukan hari itu. Masukkan aktivitas menulis ke dalam agenda Anda dan pastikan aktivitas tersebut sejalan dengan aktivitas Anda yang lain. Jika  ada kegiatan lain yang lebih penting, memasukkan tulisan ke dalam agenda hari berikutnya. Bersikaplah fleksibel, tetapi tulislah dengan hati-hati. Cara terbaik untuk mulai mengembangkan kebiasaan menulis adalah dengan melakukan apa yang dijelaskan James Clear dalam bukunya Atomic Habits.

6. Evaluasi Tempat  Anda menulis 

Jika Anda masih menghadapi masalah menunda-nunda menulis,  cara menghilangkan kebiasaan menunda-nunda menulis selanjutnya adalah dengan mengevaluasi di mana Anda menulis. Lagi pula, itu mungkin karena tempat Anda menulis. Jika ruangan tempat Anda menulis selalu terasa pengap, Anda mungkin ingin memberikan ventilasi pada ruangan tersebut dan melihat apakah perubahan ini berdampak positif. Jika Anda tidak mendapatkan efek yang diinginkan, pertimbangkan untuk pindah.

7. Istirahat dan Olahraga yang Cukup 

Kelelahan dan keletihan juga menjadi alasan  penulis  menunda  menulis. Meskipun perjalanan penyakit tidak dapat diprediksi sebelumnya, namun penyakit ini dapat diprediksi. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat, dimulai dengan istirahat yang cukup dan dilanjutkan dengan olah raga yang teratur. Jika kedua hal ini ditunjang  dengan pola makan yang sehat, maka tubuh Anda akan tetap sehat dan selalu semangat menulis.

8. Menetapkan Tujuan  Menulis

Salah satu cara atau cara menghilangkan kebiasaan menunda-nunda menulis adalah dengan menetapkan tujuan  menulis itu sendiri. Memiliki tujuan yang jelas  akan meningkatkan motivasi Anda untuk terus menulis. Misalnya  Anda seorang dosen dan harus menulis naskah untuk buku teks. Oleh karena itu, tetapkan tujuan yang ingin Anda capai melalui proses penulisan ini. Misalnya bisa diterbitkan pada Juli 2024 untuk dimasukkan ke BKD. Ini akan memotivasi Anda untuk segera menyelesaikan naskah Anda dan menerbitkannya.

9. Identifikasi Gangguan Anda dan ambil tindakan

Cara  terakhir  mengatasi kebiasaan Anda menunda-nunda menulis adalah dengan mengidentifikasi gangguan Anda. Saat Anda menulis, Anda mungkin menemukan hal-hal yang mempengaruhi kemampuan Anda berkonsentrasi saat menulis. Cari tahu apa itu dan apa yang dapat Anda lakukan. Misalnya, perhatian saya terganggu karena berkonsentrasi mengetik di ponsel cerdas saya. Berikut cara mengaktifkan mode pesawat dan menghentikan notifikasi saat menulis. Ini memungkinkan Anda untuk  fokus menulis dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. 

Penjelasan ini dapat membantu anda mengatasi kebiasaan suka menunda-nunda menulis dengan lebih efektif. Melakukan hal ini akan meningkatkan produktivitas Anda dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Silakan gunakan cara ini untuk menghentikan kebiasaan Anda menunda-nunda dalam menulis.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman pribadi Anda tentang artikel ini, silahkan tulis di bagian komentar. Juga, silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain dengan mengklik tombol bagikan. Semoga  membantu!

Jika anda ingin cari buku bacaan atau buku referensi untuk pembelajaran, kunjungi sosial media kita di @jakadmediastore atau @jakadmedia. Kami menyediakan jasa publikasi buku, untuk informasi lebih lanjut mengenai paket terbaru kami dan informasi lainnya hubungi 081230444797

n

 

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.