Cara Menyusun Buku Ajar Dari RPS

Share :

Cara Menyusun Buku Ajar dari RPS

 

Cara Menyusun Buku Ajar dari RPS

Buku ajar merupakan buku yang digunakan sebagai pegangan bagi dosen pada pengajaran mata kuliah tertentu. Kegunaan buku ajar ini digunakan oleh mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar yang memuat bahan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Menyusun buku ajar menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh dosen. Buku ajar disusun oleh dosen menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh mahasiswanya. Untuk mempermudah dosen dalam menyusun buku ajar, dosen dapat menyusunnya dari Rencana Pembelajaran atau RPS yang telah dibuat. Perhatikan beberapa hal berikut ini cara untuk menyusun RPS anda menjadi buku ajar:

1. Buku Ajar disusun Mengambil dari RPS 

 Rencana Pembelajaran atau RPS disusun oleh dosen di awal semester. Buku Ajar disusun mengambil sumber dari rencana pembelajaran. Buku ajar harus harus disusun sesuai dengan RPS hal ini dikarenakan agar mencapai tujuan yang sama sesuai dengan RPS dalam pembelajaran.

2. Substansi Buku Ajar harus sesuai dengan RPS

Substansi pembelajaran dalam buku ajar disesuaikan dengan RPS dan disesuaikan dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran.  

Selanjutnya, dalam penulisan buku ajar yang disusun dari RPS harus sesuai dengan pedoman buku ajar yang telah ditentukan. Beberapa pedoman buku ajar yang harus sesuai. Salah satu pedoman buku ajar yakni struktur buku, dalam buku ajar memuat diantaranya:

1. Halaman Pendahuluan

Pertama dalam buku ajar memuat halaman pendahuluan yang terdiri dari cover dan daftar isi. 

2. Halaman Isi 

Bab kedua dalam buku ajar memuat beberapa bagian yang terdiri dari:

  • Judul ditulis dalam huruf kapital
  • Pendahuluan yang berisi tujuan instruksional khusus (TIK), entery behavior, pentingnya mempelajari isi bab, dan petunjuk belajar

Penyajian materi, pada sub bab ini menjelaskan materi yang dibagi menjadi beberapa sub bab dan rangkumannya, kemudian menjadi soal dan rujukan.

3. Halaman Akhir 

Pada bagian halaman terakhir dalam pedoman buku ajar terdiri dalam beberapa bagian yakni, halaman pertama pada buku ajar adalah daftra isi, indeksasi, dan lampiran. 

untuk penerbitan buku Anda dan informasi lainnya mengenai penerbitan buku ajar maupun buku referensi hubungi, 081230444797

 

maprillia

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.