Nilai KUM Buku Ajar Dan Buku Referensi 

Share :

Nilai KUM Buku Ajar dan Buku Referensi 

Nilai KUM Buku Ajar Dan Buku Referensi

 

Nilai KUM merupakan poin-poin yang didapatkan dosen dalam pelaksanaan kegiatan dan tugasnya. Poin-poin atau nilai KUM tersebut dapat digunakan sebagai pengembangan karir akademik salah satunya pengajuan kenaikan jabatan fungsional dosen. Menurut PO PAK menyebutkan angka kredit terbesar berasal dari publikasi ilmiah, baik berbentuk jurnal maupun buku seperti nilai KUM buku ajar dan buku referensi. Sedangkan, poin terkecil misalnya, pada kegiatan mengajar atau membimbing mahasiswa tingkat akhir, yani poin yang didapatkan dosen sebesar 1.

Poin untuk jurnal internasional bereputasi sendiri sebesar 25 poin angka kredit. Oleh karena itu, salah satu strategi untuk menambah poin dalam nilai KUM yakni dengan menerbitkan artikel pada jurnal terakreditasi dan publikasi buku. 

Publikasi buku, buku-buku yang diterbitkan oleh dosen mempunyai jenis yang berbeda-beda. Pada setiap buku mempunyai poin KUM yang berbeda, buku-buku yang dapat diterbitkan dan mendapatkan nilai KUM, diantaranya:

  1. Buku referensi dengan nilai KUM yang akan diperoleh adalah 40 poin
  2. Buku ajar mendapatkan nilai KUM sebesar 20 poin 
  3. Modul diberikan nilai KUM sebesar 5 poin 
  4. Monografi, poin yang didapatkan dalam menerbitkan monografi adalah 20 poin 

Untuk mengetahui perbedaan buku ajar dan buku referensi, baca selengkapnya. 

Tingginya poin KUM yang didapatkan dalam publikasi buku, menjadi strategi yang baik bagi dosen dalam mengumpulkan poin nilai KUM. Tetapi, dalam satu tahun dosen hanya dapat menerbitkan satu buku referensi dan satu buku ajar dalam setahun. Pasalnya untuk naik dari jabatan fungsional yang terdiri dari beberapa tingkatan, dosen yang perlu mengumpulkan poin sebagai berikut:

  • Asisten Ahli dengan poin KUM yang diperoleh dosen minimal 150
  • Lektor, untuk mencapai jabatan fungsional ini harus memperoleh poin minimal 200 sampai 300 poin
  •  Lektor kepala harus mengumpulkan poin KUM minimal 400, 550, atau 700
  • Guru besar atau profesor harus mengumpulkan minimal sebanyak  850 atau 1.050

Untuk informasi penerbitan buku lebih lengkap hubungi, untuk informasi katalog buku kami, dapat mengunjungi @jakadmediastore

 

maprillia

Leave Your Comment

Subscribe

Subscribe us for Amazing Updates and News about Elementor.